_

Jumat, 17 Februari 2012

Dear Fans & Haters

Hmm… kali ini mungkin admin mau berbagi pikiran aja. Tulisan kali ini lebih terilhami melihat kejadian dan kenyataan yang terjadi disekitar kita selama ini. Posting kali ini bukan maksud mau menggurui atau nasehatin sih, tapi lebih mau ngajak sama-sama merenung aja. Sama-sama belajar dan intropeksi diri… Maaf admin agak blak-blakan posting kali ini yah. Semoga gak ada yang kesindir :p hehehe…. Oke, jadi begini…

Kayaknya yang namanya haters bukan makhluk yang asing lagi yah buat temen-temen semua? Yah, termasuk dikalangan temen-temen IFC. Ada IFC, ada juga IFH. Seperti yang admin sempet bahas di “sejarah panjang IFC”, dulu banget sebenarnya Ify itu termasuk salah satu anak IC yang minim haters. Hampir gak ada malah kynya. Sejak musim couple-couple-an pas IC3 hadir aja mulai rada menjamur dan berkembang sampai sekarang. Jadi yang menjadi pertanyaan, apa yang membuat anda begitu membenci seorang Ify? :)

Kalau alasannya hanya sekedar, gasuka dia dicouplein sama idola anda? *Emang ifynya yg mau?* atau gak suka dia bisa akrab dengan beberapa anak IC? *Salah yah orang ramah disukain banyak orang?* atau gak suka dia karena bakat dan kelebihan-kelebihan dia? Itu alasan-alasan yang terlalu kekanak-kanakan sob. Atau karena dia pelit folback? Pelit mention? Itu lebih kekanak-kanakan lagi -_- hahaha… Atau gak suka dia karena kadang tampang dia terkesan jutek, sombong, atau cuek dan dingin? Ato kayak kata kebanyakan haters bilang, ify itu suka pamer, sok dewasa, padahal sifat aslinya baik di depan jelek di belakang? *apa-apaan ini si admin minta digebukin nulis begini ._. wkwk… ini kita blak-blak2an aja yah hasil pengamatan admin :p* 

Kalo temen-temen ada yang pernah nganggep begitu dg Ify, atau siapa aja deh idolanya, hmm… tunggu dulu deh, coba dipikir-pikir dulu. Kenali lagi lebih dalam sebelum menjudge orang. Kalo boleh jujur, Ify yang admin pribadi kenal kadang emang ngeselin sih #dihajar -_-v wkwk... Apalagi kalo orangnya dah lagi bad mood gitu, ampun dah -_-v #digebukin wkwk… Menurut admin dan cerita-cerita beberapa temen-temen IFC yang pernah ketemu langsung, emang ada beberapa “kebiasaan” pembawaan diri dia yang kadang *yang mungkin tanpa ify sadarin* sebenarnya bisa sangat rawan bikin ilfeel orang (terutama yang punya pikiran sempit) yang bisa sampe berujung gak suka atau sampai membencinya. Admin jujur aja yah, walau ngefans, tp bukan berarti menganggap dia sosok yang sempurna. Ify atau siapapun idola temen-temen semua, dia bukanlah malaikat, dia juga hanyalah seorang manusia biasa sama seperti kita. Dia punya kelebihan, dan tentu saja punya kekurangan juga. Tapi rasanya terlalu sempit pikiran kita kalau langsung ngebenci dia karena secuil kekurangan dia diantara banyak sifat positif dan kelebihan dia yang lainnya. Cobalah untuk lebih memahami. Dia punya kehidupan pribadi yang perlu kita jaga privasinya. Dia punya prinsip hidup yang harus kita hargai. Dia punya karakter yang sangat berwarna yang tak mungkin bisa kita pahami hanya dengan melihatnya sekilas secara “kasat mata”, apalagi kalo cuma mendengar dari omongan orang. Lihatlah dia langsung dari hati.... :)

Setiap orang tak mungkin punya karakter yang sama kan yah? Misalnya. Mungkin si A bisa dengan mudahnya terbuka, bergaul dengan orang lain, tapi mungkin bukan suatu yang mudah bagi si B untuk cepat menerima orang baru. Tiap karakter, beda sikap, beda perlakuan. Kita tak mungkin menyamaratakan setiap orang. Tak mungkin setiap orang bersikap seperti apa yang kita mau. Kita lah yang harus bisa memahami karakter tiap orang, barulah kita bisa menilainya dengan bijak. Begitu juga dengan Ify. Yakinlah, secuek apapun dia, dia gak pernah bermaksud untuk tak menghargai orang-orang yang sayang dengan dia :)

Dengan haters juga. Mungkin ada yang berpendapat Ify terkesan cuek dengan hatersnya, entah dia emang sabar selaw selalu, atau emang “masa bodo” dengan haters dia. Tapi seperti yang pernah di tulis di posting “Alyssa Saufika Umari Bagian 1”, Ify sendiri emang menyadari, tak semua orang mungkin bisa suka dengannya. Dia tak terlalu mempermasalahkan jika emang ada yang gak suka dengan dia. Ini wajar. Ada lovers, pasti ada haters, itu udah hukum alam. Yang paling terpenting sih, gimana cara kita nanggepinnya aja. Menurut pandangan admin pribadi, Ify memang kadang terkesan cuek, tapi bukan berarti dia mencuekin kritik yang masuk pada dia juga. Dia tak mungkin marah hanya karena sebuah kritik, apalagi itu untuk kebaikan dia juga. Setidaknya, teman-teman semua gak pernah liat dia ngomel-ngomelin haters yang menyerang dia di depan publik spt twitter misalnya kan? Bahkan kadang-kadang haters malah dia ajakin becanda. Saat menerima surat dari haters juga, seperti kata temennya di @faktaify, dia masih mau baca, gak langsung dibuang ke tong sampah kan? hehehe…. Itu tanda dia tak menolak mentah-mentah setiap kritikan yang masuk. Dia mau dengerin kok. Kritiklah dengan sopan, berikan kritik yang membangun. Admin aja sering kritik dia kok ._. wkwkwk… 

Tentang masalah keributan para fansnya dengan fans lain juga. Kalo kata anak-anak IFH sering bilang “Ify kok cuek banget, biarin fansnya ribut dengan komunitas lain. Emang ngedukung kali yah? Pantes aja fansnya gitu…”. Dalam pandangan admin sih, Ify cuek mungkin bukan maksud ngedukung fansnya ribut dengan komunitas lain. Dia dulu pernah negor fans dia yang ribut lho. Jadi bukan selalu cuek ._. Mungkin kalo cuek, lebih karena pusing liatnya aja kali yah gak kelar-kelar ributnya nyambung terus kayak rel kereta api -_- hahaha… Admin yang nontonin aja pusing liatnya, gimana Ify yang jadi “objek” keributan? Lawak -_- wkwk.... Yang ngerasa fans yang suka ribut, gak cape yah? Anda tanpa sadar bukannya ngebela idola anda lho jatohnya kalo ribut gitu terus, tapi malah mencoreng nama idola anda. Padahal dari pada pusingin sama hal begituan, lebih baik mikirin hal yang lebih bermanfaat lainnya bukan? :)

Buat admin *dan semoga juga Ify* yang namanya haters, yang sering ngehujat, mengkritik dengan pedasnya, yaa gak usahlah terlalu diladenin dan diajakin adu mulut. Mending diajakin becanda aja lebih asik. Syukur-syukur kalo bisa diajakin temenan, hahaha…. Berantem sampe ngotot-ngototan itu buang-buang tenaga dan energi aja broh... Dengarkan aja apa kata mereka, ambil sisi positifnya, jadikan semuanya sebagai pembelajaran, untuk intropeksi diri. Karena, sesungguhnya pengkritik dan pengkoreksi yang terbaik kita adalah musuh kita sendiri. Yang perlu kita lakukan bukan pembalasan dendam, menyanggah segala kritikan mati-matian, atau balik menyerang mencari kelemahan lawan dengan segala cara. Yang perlu kita lakukan hanyalah “BUKTIKAN DENGAN TINDAKAN” bukan dengan kata-kata. Buktikan kita bisa berubah menjadi lebih baik, buktikan dengan sikap dan attitude yang lebih baik, buktikan dengan prestasi yang lebih gemilang. Biarkan nilai positif kita yang berbicara. Seperti Ify, selama ini tanpa banyak tingkah dan sensasi, dia bisa ngelakuin banyak hal yang membanggakan kan? Lebih berkualitas mana ketimbang ribut-ribut gak karuan gitu? :) Inget, yang suka menghujat dan merendahkan orang lain, gak akan pernah menjadi orang yang lebih baik dari orang yang dihujatnya. Itu sudah hukum alam. Bertindaklah dengan cerdas :)

Jadi buat IFC yang suka ribut, atau fans-fans dari komunitas lain yang juga suka berantem, atau para haters-haters siapa pun yang kami hormati dan saya sayangi *kayak orang lg pidato -_- wkwkwk * Yok semua sama-sama kita belajar dewasa. Belajar saling menghargai. Yok, belajar jadi fans yang baik. Belajar kontrol emosi, jangan mudah kepancing. Jangan terlalu cepat nge-judge orang tanpa bukti yang jelas dan akurat. Jangan mudah kemakan omongan orang. Karena hati-hati, di dunia ini, terlebih dunia maya, banyak serigala berbulu domba berkeliaran. Hati-hatilah, mungkin kalian semua sedang dipermainkan seseorang dengan mengadu domba komunitas agar saling serang dan ribut… Be careful guys :)

Kalau saling ribut gitu, pernah mikir perasaan idolanya gak? Idola-idola kita aja padahal bisa akur, saling bersahabat, saling mendukung satu sama lain, jadi kenapa fans-fansnya malah saling tusuk? Kadang kala, yang bermasalah adalah antar fans, tapi kenapa ujung-ujungnya selalu “Sang Idola” yang jadi korban? Padahal kadang yang bikin ribut cuma 1 orang, tapi kenapa di pukul rata dicap negatif untuk seluruh komunitas bahkan si Idolanya? Kasian tau yang gak tau apa-apa jadi ikut keseret…. Emang mereka bikin salah apa? Jadi, misalnya aja ada yang gak suka sama anak IFC, gausah lah pake jelek-jelekin Ify. Ato kalo mau ganti jadi jelek-jelekin admin aja deh. Pasti gak ada yang bakal balas nyerang jelek-jelekin idola anda. Dan masalah gak berbuntut panjang. Saya ikhlas kok, lumayan pahala anda ketransfer ke saya gara-gara ngebully saya ._. wkwkwk *kidding* :p

Oiya, Satu lagi. Jangan sering terlalu membesar-besarkan hal sepele menjadi masalah besar. Kadang, cuma karena idolanya gak ikut dipuji seperti member yang lain, udah emosi, langsung ribut, bilang idolanya gak dianggep. Padahal itu cuma hal sepele kan? Trus baru orang nyindir sedikit, langsung balas dendam, balas ngehujat juga. Kalau saling balas-balasan sindiran dan hujatan begitu, KAPAN MAU DAMAINYA??? ._. wkwkwk…. Semua orang pasti punya alasan untuk mengidola kan seseorang. Jadi hargai itu. Jangan maunya menangin idola kita mulu, idola orang lain disingkirin dan direndahin. Selalu ngebenerin dan ngedukung sikap idola dengan membabi-buta juga bukan sikap yang baik. Idola bukan hanya perlu dukungan dari para fansnya masbroh dan mbakbroh, tapi juga kritik yang membangun untuk kebaikan dia. Jangan terlalu mendewakan idola. Seorang fans yang baik gak bakal biarin idolanya ngelakuin hal yang buruk. Jika ia berbuat salah, sudah sepantasnya kita tegur, kasih masukan, lalu kembali support dan semangatin dia untuk bangkit lagi. Itulah fungsi orang-orang yang sayang dan masih peduli sama dia, untuk mengoreksi sisi negatif dia. Dukung dia selalu, dan jaga dia tetap di jalur yang benar, itu baru the best fans :) 

Dan terakhir, Satu hal lagi yang mungkin perlu kita semua tanamkan di diri kita semua agar kita bisa belajar menghargai idola orang lain. “COBALAH LIHAT, PAHAMI, MENGERTI, dan MAKLUMI KEKURANGAN IDOLA ORANG LAIN SEPERTI KITA MAMPU MEMAHAMI KEKURANGAN IDOLA KITA SENDIRI” Kalau kita bisa memaklumi kekurangan Idola kita, kenapa dengan idola yang lain gak? Gak usah saling menghujat dan saling merendahkan. Mending saling mengingatkan. Sama-sama makhluk ciptaan Tuhan kok. Inget, Nobody’s Perfect … :)

Mungkin cuma segini deh yah tulisan panjang ini, maap kalau agak kayak ceramah yah :p hehehe…. Ini kalo di twitter penuh hashtag #nooffense kali yah :p wkwkwk…. Tapi sekali lagi ini gak bermaksud menggurui ato apa. Cuma buat kita sama-sama merenung aja agar kita semua bisa saling berinteraksi, bersosialisasi dengan lebih sehat dan beretika baik. Ini tidak ditujukan hanya untuk temen-temen IFC dan IFH doang. Tapi buat semua orang yang ngerasa punya fans dan pernah ngebenci idola orang lain. Pokoknya, damai selalu semuanya. Semoga tulisan ini tak sekedar dibaca, tapi juga dipahami dan terapkan :)

Ify Club. Keep calm, we’re Still Together :)

NB: Untuk kebaikan bersama, Jika anda punya pemikiran yang sama, dan misi yang sama, silakan sebarkan tulisan ini ke FB atau blog atau forum-forum lainnya…. Thx :)

3 komentar:

Fitriani perwanti mengatakan...

Aku disini ngerasa tersindir bgt kak, tp sumpah ini DEWA bgt kata2nyaa hhaahaeee.

bluetech™ mengatakan...

aye......
Fans ifi...
love ify...
maju terus....
suaramu asik :D

Anonim mengatakan...

Agak sedikit tersinggung, Ya tapikan pendapat orang harus diterima, Aku IFC bukan IFH, Jadi maap kli sedikit tersinggung hehe!