_

Rabu, 14 Maret 2012

4 Tahun Perjalanan IFY (4th Annv IFC)

Halo semuaa.. Spesial Anniversary IFC ke-4 nih... :)

Anniversary 4th IFC CLUB


Gak kerasa yah, udah 4 tahun kita kenal sosok yang bernama Alyssa Saufika Umari ini? Yap 4 tahun. Selama itulah seorang Ify sudah banyak di kenal luas masyarakat Indonesia bahkan sampai ke luar negeri. 4 tahun yang lalu, mungkin seorang Ify hanyalah gadis kecil pemalu tapi penuh talenta yang hanya dikenal sebatas keluarga, teman-temennya dan orang-orang sekitarnya. Tapi, tepat 4 tahun yang lalu, sekitar awal maret 2008, dia mulai keluar ke permukaan, menunjukkan sinar gemilangnya pada semua orang, sampai akhirnya kini ia sudah mulai mampu bersinar terang untuk banyak orang... 

Mungkin Ify sedari kecil, yang masih jauh dari kebintangannya sekarang, bukanlah seorang gadis kecil yang 'buta' dengan dunia musik Indonesia. Sedari kecil dia sudah dikenalkan dengan dunia musik yang akhirnya amat ia cintai itu. Tapi, langkahnya semakin mantab menapaki dunia industri musik Indonesia ketika ia berani menerima tantangan untuk mengikuti audisi sebuah kompetisi menyanyi tingkat nasional. Semua berawal dari "Idola Cilik". From here, her dreams begin to come true...

Seperti yang pernah Ify sendiri ceritakan di blognya, Ify yang berawal dari kegemarannya bermain piano dan mengasah kemampuan bermain pianonya di sekolah musik farabi, 4 tahun yang lalu ia ditawari untuk ikut audisi khusus di sekolah musiknya. Dan niat awalnya yang hanya sekedar 'coba-coba' tanpa ia sadari akhirnya malah membuat ia mantab menapaki jalan menuju dunianya sekarang sebagai penyanyi profesional. Yah, Sometimes unplanned moments are better than planned ones :)

Dan dengan bakat yang ia miliki, akhirnya mampu membuat kagum para juri sehingga mampu mengantarkan dia ke panggung menuju pentas. Mungkin temen-temen semua masih ingat ketika ia pertama kali tampil di layar kaca di 36 besar IC1 itu, dengan membawakan lagu 'baby doll' dengan begitu cerianya. Itu wajah yang masih begitu polos, begitu ceria. Senyum malu-malunya menemani sorot mata penuh tekad darinya. Dan semua tingkah manis darinya itu semakin mampu menarik perhatian banyak orang dengan sejuta bakat yang ia tunjukkan berikutnya.




Video di atas adalah saat dia diminta bernyanyi sambil memainkan piano/keyboard di penampilan perdana dia Idola Cilik. Temen-temen masih ingat moment itu? Bagi admin pribadi, perform itu unforgettable moment banget. Itu adalah moment yang membuat admin dan mungkin juga banyak temen-temen IFC lainnya pertama kali jatuh hati pada gadis ini. Saat ia menampilkan itu, yang terbersit di pikiran saat itu adalah anak ini memang punya sesuatu yang spesial yang emang patut untuk dibanggakan. Mungkin yang lain ada yang punya suara lebih dahsyat, lebih khas, atau ada yang lebih cantik, tapi itu semua tidak begitu saja mengalahkan pesona seorang Ify. Ify sudah mampu menunjukkan bahwa dia 'spesial' dengan caranya sendiri.

Tepat tanggal 14 Maret 2008, itu disaat Ify berhasil tampil di 18 Besar IC1, 1 langkah terakhir sebelum resmi menjadi finalis IC dan masuk ke 12 besar (yang kemudian diperbesar lagi menjadi 16 besar). Dan akhirnya, dengan kualitas yang ia miliki dan keberuntungan yang mengikutinya, akhirnya Ify lolos menjadi finalis IC1. Yap, tepat 4 tahun yang lalu, 14 Maret 2008 itu juga yang akhirnya diputuskan menjadi hari jadi Ify Club yang berkomitmen akan mendukung segala langkah Ify...

Ify kemudian saat itu terus melaju walau harus terseok-seok karena polling SMS dia yang tak terlalu bersahabat. Tapi itu tak membuat dia putus asa dan harus berkecil hati. Dia terus memberikan penampilan yang terbaik tiap minggunya. Dia bahkan menunjukkan bakatnya yang lain diantaranya bermain taganing. Satu hal yang spesial lagi dari seorang Ify...



Tapi walau dengan sejuta bakat yang Ify miliki, ternyata hasil polling SMS harus menutup impian seorang ify kecil untuk jadi juara di IC. Ify memang sempat down banget saat tersisih ini (seperti yang pernah diceritakan oleh teman sekolah dia di @faktaify ). Tapi, itu tak mematikan impiannya seketika. Polling atau keputusan juri mungkin bisa saja berkuasa atas nasip seseorang di sebuah kompetisi. Tapi di dunia nyata? Kualitas yang kan berbicara lebih banyak disaat sudah berada di dunia nyata. Mungkin itulah yang membuat admin dan mungkin temen-temen IFC semua punya keyakinan kuat bahwa tersisihnya Ify di 12 besar pentas IC takkan mampu menghambat langkahnya. Dan Ify memang akhirnya mampu membuktikan itu semua. Setelah tersisih, ia masih dilibatkan di acara-acara pendukung IC lainnya seperti IC duo artis yang ia berduet denga bioone dan akhirnya menjadi runner up....


atau di IC duet yang dimana Ify berduet dengan Septian.. Ini benar-benar duet yang luar biasa. Dua orang finalist IC1 dengan suara yang begitu empuk dan musikalitas yang tinggi.. :) Bahkan sama om dave (salah satu juri IC1), duet ini selain sama-sama bersuara keren, tapi duet mereka ini adalah pasangan duet PPT. Pasangan Paling Terdisiplin. Yap, mereka sama-sama anak yang punya tekad kuat dan begitu menjaga kualitas mereka berdua. Jadi tak heran keduanya akhirnya mampu menjadi juara 1 di Idola Cilik Duet ini :) Sebuah bonus yang begitu manis untuk Ify, buah hasil kerja keras dan kesabarannya tanpa putus asa setelah yang pernah mengalami pahitnya kegagalan 2x di ajang Idola Cilik (pentas IC dan IC Duo).


Pasca IC pun dia selain itu juga masih banyak terlibat di beberapa acara off air maupun on air. Bahkan di album kompilasi IC ify juga mendapat porsi yang lumayan. Nama Ify tak kehilangan pamornya diantara teman-teman ICnya walau dengan ranking rendah yang ia peroleh di pentas IC. Bahkan, meski banyak angkatan sudah hadir di IC, tapi nama Ify tak juga tenggelam. Dia masih mampu bergabung di Super Idola Band sebagai keyboadist, dan juga Icil Diva tentunya... Sekali lagi, di dunia nyata, kualitas yang menentukan. The quality will speak for itself... :)

Tak hanya di dunia 'Idola Cilik' seorang Ify dihargai kualitasnya, tapi di tahun-tahun selanjutnya kualitas yang dia miliki akhirnya mampu membuat dia 'dilirik' beberapa musisi hebat, dan terlibat di beberapa proyek dan acara penting. Kita sebut saja di akhir tahun 2008, berkat video yang dia unggah di situs Youtube, video dia saat menyanyi membawakan lagu 'pieces of a dream' mampu menarik penyanyi aslinya 'Incognito' untuk melontarkan pujian dan keinginan untuk mengajak Ify berduet. 



Kemudian di akhir tahun 2009 / awal 2010 dia terlibat di sebuah album kemanusiaan "Suara Sahabat" dari Palang Merah Indonesia. Dalam album ini Ify berkesempatan ikut bergabung dengan banyak musisi dan penyanyi hebat Indonesia, sebut saja Dwiki Dharmawan, Tompi, Oppie Andaresta , Fariz RM, Saba, Nugie, Sifit, Dira Sugandi, dll. Dan di album ini seperti yang pernah Ify ceritakan di Blognya, dia menyanyikan 2 lagu di album ini :)

confrensi pers (Ify dua dari kiri)

salah satu halaman cover CD (Ify kiri bawah)

Ify dkk Album PMI "Suara Sahabat"



Di pertengahan 2010 Ify kembali unjuk gigi. Kali ini dia ikut terlibat dalam album sebuah film musikal anak-anak "Melodi". Disini Ify membawakan beberapa lagu (untuk tau lagu-lagunya, bisa dibuka posting tentang Lagu Ify di film Melodi ). Selain proyek album-album itu, Ify juga sempat terlibat di beberapa acara penting dan besar. Seperti yang pernah di tulis di posting "IFY dan Sang Presiden" itu selama 4 tahun terakhir ini pernah beberapa kali tampil menyanyi di hadapan Bapak dan Ibu Presiden Indonesia. Selain itu, Ify juga sempat dipercaya turut tampil (di bawah arahan Dwiki dharmawan) di even besar tahunan sekelas "Java Jazz Festival" di jejaknya di tahun 2011 yang lalu. Ini semua jelas telah mampu menunjukkan, Ify memang punya 'aura' tersendiri untuk mampu terus berprestasi seperti yang selama ini telah mampu ia gapai.

Ify 2011

Dan perjalanan Ify tentu saja kini tengah berlayar bersama "BLINK". Inilah perahu baru Ify dalam perlayarannya mengarungi dunia industri musik Indonesia. Dan bersama-sama teman-temannya di BLINK lah Ify akan terus bergerak demi mencapai tujuannya meraih kesuksesan. Dan tentu saja, perahu mereka takkan mampu berlayar dengan cepat dan sempurna tanpa teman-teman pendukung setia mereka... :)

Ify and BLINK



4 Tahun bukanlah waktu yang singkat untuk bisa mengukir sejuta kenangan. Dalam 4 tahun mungkin sudah tercipta ikatan cukup dalam di hati yang tak mudah tuk diputuskan. Tapi 4 tahun juga masih terlalu dini untuk disebut tlah menggapai sebuah kesetiaan, kematangan dan kesuksesan. Dia masih begitu hijau, masih perlu diasah dan ditempa. Perjalanan Ify masih sangat panjang dengan usia dia yang baru menginjak 15 tahun ini. Belajar dan terus belajar, sembari terus introfeksi juga, tentu jadi suatu keharusan. Tapi yang pasti, walau kita baru mengenal dia 1 menit, 1 jam, 1 hari, 1 tahun, sampai 4 tahun ini, dalam perjalanan 4 tahun ini kita banyak melihat karyanya, mengenal sisi positif maupun negatif dia, semoga support kita untuk dia tak pudar yah mendukung perjalanan dia. Terus sampai sekarang, 1 tahun akan datang, 4 tahun akan datang, 14 tahun akan datang, bahkan sampai 40 tahun akan datang *mungkin gak yaa?? ._. 

IFY for I F C


Ify Club lahir karena untuk IFy. Dan begitu juga sebaliknya, Ify akan terus mengepakkan sayapnya, memberikan karya-karya terbaik yang ia miliki, hanya untuk orang-orang yang sayang dengan dia. Tanpa dukungan teman-teman IFC semua, Ify bukanlah siapa-siapa... So, semoga baik teman-teman IFC semuanya maupun Ify nya sendiri, semoga di tahun ke-4 ini semua semakin solid, semakin bisa saling memahami, saling mengerti, dan saling menyanyangi, bukan sekedar sebatas antara seorang idola dan fansnya, tapi semoga juga punya ikatan hati seperti layaknya sahabat yang bisa tulus saling menghibur, saling mengisi, dan saling mendukung satu dan lainnya. Semogaa amiin... :)

Terima kasih atas segala hal luar biasa yang sudah IFY berikan pada IFC selama ini, dan terima kasih juga atas segala hal yang IFC berikan setulus jiwa kepada IFY. Semoga ini tak berhenti sampai sini saja, tapi tetap terus berlanjut sampai akhir langkah seorang Ify, amiin.... 

Keep support dan Still Together... We love you Ify.... :)

1 komentar:

Unknown mengatakan...

aku sebagai ifc bangga, walaupun prestasi nya banyak tapi dia tidak pernah sombong. Ify banyak menginspirasi hidupku. #weloveifyalyssa.