_

Minggu, 06 Mei 2012

IFY : Spirit of Autism

Heloo temen-temen IFC, masih semangat baca Blog IFC ini? :)

Kali ini kita mau ngangkat satu moment special di bulan April dan Ify sempet terlibat apa yah di moment ini beberapa waktu lalu? Sebelumnya, yok kita semua liat video berikut. Masih pada inget gak dengan moment mengharukan Ify dengan sobat IFCnya 4 tahun yang lalu ini? 



Video di atas adalah saat Ify tampil di pentas Idola Cilik 1 4 tahun yang lalu. Saat itu sudah masuk 13 besar, dan saat Ify tampil rupanya dia kedatangan tamu istimewa. Yap, dia adalah Shinta, salah satu temen IFC kita yang sangat kagum pada Ify. Shinta memang penyandang autis, tapi bukan berarti itu bisa menghalangi seseorang untuk bisa menikmati musik dan bisa punya idola juga. Dibalik “perbedaan” itu, mereka tetap punya hak yang sama seperti kita. 

Nah pada saat Ify kedatangan fans spesialnya itu, dia menyanyikan lagu “If We Hold on Together” milik Diana Ross untuk Shinta dan seluruh teman-teman penyandang autis pada umumnya sebagai penyemangat. Lagu ini memang merupakan salah satu theme song bagi penyandang autis. Alhamdulillah kalau suara Ify bisa menghibur menyenangkan banyak orang dan bisa ngasih semangat kayak gini. Dan taukan temen-temen semua, pada saat kedatangan Shinta ini rapor Ify biru (kl tidak salah ini satu-satunya rapor biru tanda posisi aman polling SMS Ify selama Ify bertahan 4 pekan di panggung IC, hehehe…) Mungkin itulah salah satu berkahnya kalo kita sayang sama dan peduli dengan saudara-saudara kita seperti Shinta :) 

Nah itu sekilas flashback ke cerita Ify di 4 tahun yang lalu. Oke kita balik lagi ke masa sekarang. Seperti yang diceritakan mamanya Shinta di video di atas, bulan April merupakan World Autism Awareness (Bulan peringatan peduli Autisme se-Dunia). Peringatan ini bertujuan agar kita semua, baik pemerintah maupun masyarakat secara luas bisa mengenal, memahami, peduli serta menyayangi kepada saudara-saudara kita penyandang autis. Karena sudah selayaknyalah kita harus bisa berempati pada mereka dan memberikan mereka tempat dan kesempatan yang sama layaknya manusia lainnya. Karena dibalik kekurangan mereka, Tuhan pasti ngasih kelebihan lain yang luar biasa buat mereka. Seperti cerita Ify dengan penyandang autis lainnya berikut ini. Masih pada semangat lanjut baca gak nih? hehehe :) 

Jadi, Sejak peristiwa 4 tahun yang lalu di atas, Ify secara tidak resmi menjadi “sahabat” penyandang autis karena kepeduliannya kepada mereka, sahabat-sahabat kita yang diberi “keistimewaan” dari Tuhan itu. Kalau diminta, Ify pasti selalu ikut serta berperan dalam program yang diadakan untuk mereka. Salah satunya di acara yang diadakan untuk penyandang autis ini baru-baru ini, yaitu di acara “World Autism Awareness: Walking 4 Autism” di Epiwalk-Epicentrum Jl. Rasuna Said Jakarta tanggal 5 Mei 2012 yang lalu. Acara ini dipandu Farhan, disajukan berbagai Talkshow secara Interaktif dan dimeriahkan diantaranya oleh Titi DJ dan tentu saja Ify. 

Di acara itu, ada satu hal menarik. Ify bertemu dengan seorang anak penyandang autis bernama Anjuan Julio (17 Tahun). Dia saat itu sempat tampil bermain gitar, berkalaborasi dengan permainan piano dari Ara. Permainan Gitarnya sangat keren lho.... Dan dia ternyata juga pencinta musik Jazz, sama seperti Ify. Dan berkat kemampuan yang dimiliki Juan ini, ternyata dia mendapat beasiswa untuk kuliah di jurusan music di Berkiee College of Music Amerika Serikat. Wow! Terbukti kan walau penyandang autis, tapi bukan berarti gak bisa berprestasi :) Trus tampangnya juga keren dan mampu berkomunikasi dengan baik (walau tetap tak mau kontak mata sebagai salah satu ciri orang penyandang autis). Ini membuktikan mereka sebenarnya juga bisa jadi sosok yang gak berbeda dengan kita orang ‘normal’ kok :) Nah ini foto Juan saat bersama Ify… 

Ify & Anjuan Julio


Rupanya Juan ini ngefans lho sama Ify hehehe…. Katanya dia tau BLINK dan juga penonton setia sinetron Putih Abu-Abu (PAA) yang dibintangi BLINK. Juan sempet bilang “Aku sediihh kalau liat Ify”. Mungkin dia ikut terbawa haru kali yah dengan cerita Ify yang diceritakan mengidap penyakit langka di PAA. Selepas acara, Ify dan Juan (dan keluarga tentunya hehehe…) sempet jalan bareng, ngopi bareng dan ngobrol-ngobrol tentang banyak hal. Mulai tentang FB dan twitter Ify (Siapa bilang anak autis gabisa gahoel juga? hehehe), tentang musik, tokoh-tokoh jazz, sampai soal lagu ciptaan Ify “Andaikan”. Juan walau baru diperdengarkan 1x lagu Ify ini lewat i-Phonenya ify, Juan langsung bisa mengikuti mainin lagunya lho. Jadi memang terbukti Juan memang punya kemampuan musik yang luar biasa :D

Melihat Juan, dan juga mengingat cerita Ify di PAA yang diceritakan mengidap penyakit langka, sosok seperti Juan lah yang sebenarnya bisa sangat bagus diangkat sebagai salah satu faktor penyemangat sebagai symbol nyata, spirit pantang menyerah pada keadaan, tetap semangat berprestasi walau dengan keterbatasan *om dan tante produser, sutradara, penulis scrip PAA bisa masukin Juan gak? ._. wkwkwk…

Dan akhir kata, tulisan kali ini sebenarnya lebih mau ngajak temen-temen semua membuka mata, membuka telinga, dan membuka hati untuk melihat dan lebih peduli dengan sekitar. Banyak hal yang bisa kita pelajari dari setiap orang (siapa pun itu dan bagaimanapun keadaannya), dari lingkungan sekitar, dan dari kejadian-kejadian yang kita temui. Dengan inilah kita bisa lebih memupuk rasa syukur kita kepada Allah, lebih terpacu untuk terus semangat pantang menyerah apapun rintangan yang kita hadapi. Karena yakinlah, selama kita punya keyakinan, apapun rintangan yang menghadang, pasti bisa kita taklukkan. Hadapi hidup dengan senyuman, maka kau kan bahagia :) 

Semoga tulisan kali ini bisa bermanfaat, mengilhami dan ngasih spirit buat temen-temen semua yah. Ayo dong semua semangat... anak-anak IFC harus punya kepedulian pada sekitar, harus punya rasa persahabatan kepada siapapun tanpa memandang perbedaan, dan harus punya semangat dalam meraih cita-citanya! Oke fren? :) 


Keep calm, friendly, and lovely…
IFC, We’re Still Together!

5 komentar:

iffahsari.musyrifah mengatakan...

Yaaay! Once more thing that make us more proud to ify:)
xixixixi abis jalan sama juan julio terus sama tristan juliano ya fy? Wkwkwk pisslopngauls B)
hehe salute abis, biasanya kan kalo kaum high rada gimana gitu ya sm yg ky gitu2 . Ngerti gak? *belibet* tp kamu bisa buktiin kok, bergaul dgn siapa aja , tanpa memandang siapa dy, kenapa dy, dan kekurangan dy. Justru kelebihannya dy yg dipush :)
lanjutkan yg udah kamu mulai fy, siapa tau entar jd duta autis hehehe .who knows?

mitra febriani mengatakan...

cantiknya kamu bkan cuma fisik fy, kamu juga cantik hatinya. #proudofyou

Anonim mengatakan...

waw keren banget! maju terus ify jd icon dunia! anjuan juga maju terus jadi the best guitarist dunia! dan bisa gabung di PAA! hehe

Anonim mengatakan...

kalian berdua pasti sukses di bidang yg ditekuni! keren keren kereeen! gokil !
ify tambah cantik aja..
anjuan ganteng ya kaya artis!

by @doniginting

Anonim mengatakan...

Im belive miracleand she is my miracle (ify) love you my idol..