_

Kamis, 13 Juni 2013

IFY: Hujan dan Teduh (Project)

Haloo.. Lama gak update sesuatu nih hehehe...

Kali ini kita mo bahas project "Hujan dan Teduh" Ify. Sebenarnya udah dari bulan kemaren nih mau ngepost hal ini. Tapi baru sempet kepost sekarang. Nungguin beritanya jg sih sebenarnya niatnya, tapi gak keluar-luar, yaudah kita post sekarang aja deh. Cape nungguin beritanya php betul hihihi... Walau beritanya ini rada telat bin basi tapi gak papa lah. Yg pentingnya ceritanya yg bakal kita kasih gak basi kan? Hehehe... Di posting ini bakal kita share beberapa cerita balik layar dan bocoran-bocoran. Penasaran?? Jadi begini...

Jadi dari sekitar di bulan-bulan penghujung tahun 2012, IFC sudah cukup dibuat 'kepo' oleh papa Ify, ka Meltho dan ka Tendy soal lagu baru ciptaan Ify yang menurut mereka begitu bagus. Lagu itu berjudul 'Hujan dan Teduh'.

Novel Hujan dan Teduh.


Eh mirip judul sebuah Novel yah? Yap. Ternyata lagu ini memang diciptakan dengan terinspirasi dari novel Hujan dan Teduh (H&T) milik Wulan Dewatra. Lah? Kok bisa? Ternyata lagu ini pertama kali diciptakan karena adanya sebuah project tugas di sekolah Ify. Jadi di SMA Al-Izhar Pondok Labu, tempat Ify bersekolah sekarang, sejak dulu punya tradisi. Setiap kelas tingkat X diberikan tugas buat menggarap sebuah pertunjukkan drama untuk pelajaran Bahasa Indonesia mereka. Setelah belajar 'teori' tentang berbagai hal di semester 1, semua harus mereka garap secara profesional dan dilombakan pada semester ke 2. Dan pada akhirnya akan ada diberikan berbagai penghargaan untuk setiap nominasi layaknya Piala Citra, FFI atau Grammy Award gitulah. Kelas X di Al-izhar ada 6 kelas. Ini berarti kelas Ify, X-1, harus bersaing dengan 5 kelas lainnya untuk menunjukkan drama adaptasi terbaik mereka dihadapan guru-guru mereka. Dan kelas Ify memilih Novel Hujan dan Teduh sebagai cerita yang akan mereka adaptasi ke drama mereka.



Project drama ini mereka garap super profesional lho.. Semua harus disiapin matang, mulai dari cerita, skenario, kostum, poster, musik, segala properti, sampe ke tiket, tata panggung & lampu juga harus disiapin secara serius. Di awal mereka sudah harus membagi peran panggung dan tanggung jawab pekerjaan balik layar drama. Ify kebetulan dapet peran sebagai Kayla dan bertanggung jawab menangani Tata Musik Drama. Pada awalnya sebenarnya Ify sempet ditawarin peran Bintang, pemeran utama cerita Hujan dan Teduh, karena mungkin Ify yang paling berpengalaman di dunia peran/akting dibanding teman-temannya. Tapi karena saat itu Ify masih sangat disibukkan dengan jadwalnya di BLINK syuting Putih Abu-abu 2, akhirnya Ify hanya menyanggupi peran Kayla.

Sebagai Penata Musik, Ify diberi tanggung jawab untuk menyiapkan musik-musik pengiring sepanjang drama. Bersama beberapa temannya yang juga bertugas menata musik, Ify banyak sekali mencari-cari referensi musik baru. Kebetulan drama kelas dia sepakat mengambil latar tahun 80an (karena cuma adaptasi, ini berbeda sedikit dengan caerita di novel Hujan & Teduh). Selain itu dia juga dapet tugas membuat Soundtract Drama ini. Jadi sejak semester satu Ify udah mulai bikin Soundtract buat tugas dramanya. Dalam penulisan liriknya Ify sempet konsultasi juga nih dengan editor novel Hujan & Teduh. Awalnya sih gak berharap bikin yang gimana-gimana. Bikin biasa aja. Eh pas dijalanin malah dapet inspirasi banget dan akhirnya jadinya bagus banget. Bahkan setelah dikasih denger ke ka Meltho dan Ka Tendy, mereka sangat suka. Bahkan ka Meltho sampe naksir sama lagu ciptaan Ify ini dan spesial ngearansement dan ngerekam ulang lagu ini dengan suaranya, hihihi.. Ini nih baru keren. Dari cuma tugas sekolah tapi bisa menghasilkan karya yang luar biasa. Godjob! ;)

Beberapa Tweet2 galauan
ka Meltho, Ka tendy, dan Papa Ify ttg lagu H&T.


Kita balik lagi ke drama H&T Ify. Setelah persiapan & latihan berbulan-bulan yang matang, akhirnya pada tanggal 12 April 2013 yang lalu, drama Ify dipentaskan. Terlihat banget persiapan mereka yang matang dan mendetail. Sang penulis Novel H&T, mba Wulan Dewatra juga turut hadir menonton pertunjukkan kecil ini. Eh tapi mba Wulan sebagai penulis, bukan berarti tau persis jalan cerita yang bakal dimainkan anak-anak lho. Karena ini cuma cerita adaptasi, bukan duplikasi, jadi sebagian cerita sengaja dibikin berbeda isinya, disesuaikan dengan konsep ala X-1. Tapi isi 'pesan'nya tetap dijaga pastinya. Jadi semua yang nonton drama, termasuk mba Wulan, gak tau kemana jalan cerita dibawa, dan gimana endingnya ehehehe... Yang mau baca kulasan perasaan Mba Wulan Dewatra tentang drama ini, bisa diintip ke Blog dia di sini>> Blog Wulan Dewatra

Ify dan Wulan Dewatra

Wulan Dewatra & Mama Gina :)

Perbedaan cerita bisa terlihat di beberapa bagian cerita. Misalnya aja kayak latar tahun 80an yang mereka ambil. Kemudian kisah Bintang, Kayla, dan Noval yang mereka jadikan satu. Dan endingnya yang jelas beda banget dengan dibikin gilanya Noval hihihi... Oiya, lagu Hujan & Teduh ciptaan Ify yang jadi lagu Soundtrack drama ini juga dinyanyikan di akhir pentas bersama-sama seluruh teman-teman sekelasnya dan diterima penonton dengan baik. Dan akhirnya, alhamdulillah pentas drama secara keseluruhan berjalan dengan cukup sukses. Yeayy... Ify cukup sukses memerankan Kayla. Bahkan menurut om Hanafi yang menonton langsung drama ini, Ify benar-benar bisa menjiwai perannya. Di salah satu adegan Ify ada diharuskan untuk menangis, dan itu benar-benar menyentuh, dia mampu mengobok-obok emosi jiwa. Nangisnya beneran nangis, bukan kayak di PAA biasanya yang nangis pake obat tetes mata ahahaha... Dan bahkan katanya, sampe adegan setelah itu kan Ify lanjut nyanyi solo, isak tangisnya masih bisa terdengar, nunjukin kalo dia benar-benar nangis saat itu. Haduuhhh Ifyyy kelar PAA kenapa aktingnya baru jadi keren gitu??? *.* hehehe

Suasana Drama Hujan&Teduh X-1 Al-Izhar

Suasana Drama Hujan&Teduh X-1 Al-Izhar

Suasana Drama Hujan&Teduh X-1 Al-Izhar

Tiket "Kaset" ala Drama Hujan&Teduh X-1 Al-Izhar

Properti Drama Hujan&Teduh X-1 Al-Izhar

Dari segi musik juga, malam itu Ify dkk sukses menyulap suasana teater jadi nuansa 80an lewat musik-musik mereka. Ify lewat project drama H&T ini benar-benar jadi bisa banyak belajar dan byk mendengar musik-musik yang baru. Beberapa hari/minggu sebelum pentas bahkan dia masih sibuk di twitter tanya-tanya referensi lagu 80an ke followersnya ahahaha... Tapi hasilnya jadi kece sih. Gak sia-sia usaha dia. Bahkan dia sukses menciptakan nada-nada baru lagi yang kece dan jadi sebuah lagu baru (lagi!) yang dia mainkan di drama tersebut. Notasinya ala-ala 80an gitu. Wihh... Beda nih emang kalo otak musisi mah, dari yang sekedar tugas sekolah juga bisa muncul karya-karya berkualitas. Mentang-mentang dibidang kesukaannya banget sih, jadi niat betul hehehe... Salut! :D Oiya, pas pentas drama juga sempet ada masalah di belakang layar, jadi keyboard yang dipake Ify buat mainin musik-musik di sepanjang pentas drama tiba-tiba mati gak mau nyala sama sekali. Gelap-gelapan di balik layar tuh Ify ngutak-atik keyboardnya tapi masih gak bisa. Tapi syukur saat itu masih ada piano di sana dan langsung dia mainin. Syukur dah ahli juga nih anak, jadi cepet tanggapnya gak panikan. Kata om Hanafi penonton aja sampe gak sadar dibelakang sempet grasak-grusuk wkwkwk...

Ify dkk  persiapan Drama Hujan&Teduh X-1 Al-Izhar

Keluarga Besar Drama Hujan&Teduh X-1 Al-Izhar

Ify yg sempat diliput infotainmen (Hotshot) stlh pertunjukkan

Suasana Pentas Drama Hujan&Teduh X-1 Al-Izhar
Ket Foto dari kiri atas ke kanan:
1. Ify & Reza, adhy (tim penata musik),
2. Ify (Kaila) & Ifa (Bintang),
3. Ify dkk
4. Ify/Kaila & pemeran Mama Kaila,
5-8. Ify dkk
Ya begitulah sedikit cerita dibalik project Drama Hujan & Teduh X-1 di sekolah Ify yang begitu berkesan bagi Ify. Ini sedikit ada video-video behind the sceen Persiapan Drama X-1 Hujan & Teduh, serta beberapa video cuplikan saat drama...





Pasca drama, sekitar 2 minggu kemudian, pengumuman penghargaan-penghargaan dari Pentas drama ini  akhirnya diumumkan. Juara umum direbut kelas X-6 (kelasnya Tristan, adiknya Kevin Aprilio/anak dr Addie ms & Memes) yang sukses menyabet 8 penghargaan. Mereka mempentaskan drama cerita kayak jaman-jaman ala keraton & kumpeni (?) gitulah kynya hehehe.. Judulnya "Getir Kelabu". Kalo ngeliat foto2 dramanya yang kynya juga totalitas bgt, gak heran juga sih hehehe...

Drama "Getir Kelabu" X-6

8 Penghargaan X-6 Al-Izhar

Tapi kelasnya Ify gak kecil hati dong. Karena kelas mereka berhasil mencuri penghargaan lewat karya Ify. Lagu Hujan & Teduh ciptaan Ify sukses menjadi SOUNDTRACK TERBAIK! Wiihh... Ini buktiin dong, kalau lagu ciptaan Ify ini bener-bener gak sembarangan. Goodjob girl. Salut deh buat semua temen-temen Ify di Al-Izhar ;)

Ify said: Alhamdulillah Soundtrack Hujan&Teduh menang!!
Terimakasih buat supportnya semuaa :)

Ify saat menerima Penghargaannya.

Penghargaan untuk Ify atas Soundtrack Terbaik
di Festival Drama Kelas X SMA Al-Izhar Pondok Labu Jkt

Sedikit cerita tentang lagu Hujan dan Teduh. Lagu ini memang lagu mellow. Lagu yang 'apa adanya', tapi cantik. Kece banget. Liriknya sangat mewakili cerita di Novel Hujan & Teduh. Walau mellow, tapi lirik lagunya mengesankan seseorang yang tersakiti tapi begitu tegar. Cerita cinta yang terpaksa diakhiri karena sebuah kesadaran akan jalan yang tak bisa lagi ditempuh bersama.

"Aku dan Kamu seperti Hujan dan Teduh, ditakdirkan tuk bersama, tapi tak akan pernah selamanya. Itulah Cinta kita..".

Itulah sebait lirik dramatis yang ada di lagu ini dan juga ada tertulis di poster drama H&T kelas Ify. Bikin nangis yg denger dah. Lyric dalam lagu ciptaan Ify memang hampir semua berdasarkan isi novel H&T, tapi mungkin lebih dibuat gamblang (tak terlalu menggunakan banyak kiasan), seperti lyric di atas yang 'diadaptasi' dari kata-kata pada novel H&T "Hujan dan teduh ditakdirkan bertemu, tapi tidak bersamaan dalam perjalanan". Masih ada beberapa kalimat-kalimat 'pamungkas' dari novel H&T yang dijadikan lyric dalam lagunya. Pokoknya yang penasaran sama lagunya sabar aja, tunggu tanggal mainnya hohoho... :p

Lagu ini dalam hayalan Ify awalnya saat dia menciptakan ini dia tujukan untuk Marcel. Yaa gaya musiknya tipe-tipe lagu Marcel sih, galau-galau sendu gimana gitu hihihi... Tapi kalau ke depannya lagu ini dipake buat penyanyi lain, ya gak papa. Pengennya Ify sih maunya lagu ini dibawain penyanyi dewasa di luar Blink. Bukannya gak mau ngasih ke Blink, tapi buat Blink yang mengusung gaya 'teeneger' mungkin agak terlalu berat. Selain lagu ini lebih cocok buat penyanyi dewasa juga, Ify mungkin juga mau lebih mengembangkan pencapaiannya aja. Mencoba berkarya untuk di luar Blink yang tentu akan lebih membuka kesempatan karya bisa dilihat & dinikmati orang yang lebih luas lagi :) 

Akhir cerita, project Hujan & Teduh di sekolahnya ini bagi Ify gak cuma sekedar gimana cari nilai atau menuhin tugas sekolahnya. Tapi dia selama garap project ini bareng temen-temennya, jadi bisa belajar banyak hal. Mulai dari menangani segala hal teknis belakang layar drama, belajar akting, dan yang pasti memancing kreatifitas mereka sekali. Dan satu hal lagi yang gak kalah penting. Lewat project ini juga, muncul rasa kebersamaan dan persaudaraan yang begitu kuat antar teman-teman satu kelasnya. Satu nilai yang sangat baik untuk ditanamkan. Dan project ini 'cerdas' sih, gak sekedar cuma ingin mengajarkan materi pelajaran ttg drama, tapi juga secara gak langsung juga mendidik mental, karakter, dan kreatifitas.. :)

Jadi yang mungkin bisa kita petik dari cerita Ify kali ini adalah, sebenarnya moment apapun yang kita jalani walau kadang sederhana atau mungkin kita awalnya merasa terbebani, sebenarnya kalau kita MAU BERUSAHA, dan SELALU MELIHATNYA DENGAN SEMANGAT POSITIF, maka bakal bisa menghasilkan sesuatu yang luar biasa dan bisa menjadi hal yang sangat menyenangkan. Semua itu tergantung kita bagaimana menyikapinya. Apa yang kamu pikirkan & yakini, begitulah hidupmu akan berjalan. Sesungguhnya hidup itu adalah tentang Belajar. Belajar apa? Itu semua tergantung usaha, kreatifitas, & cara berpikir kita dalam menyikapi setiap moment. Setuju??? :)

Okeh. Sampe ketemu lagi di next posting. See u...
IFy Club. We're Still Together ;)

2 komentar:

Anonim mengatakan...

kak ify alyssa memang luar biasa
multitalented
amazing
beautyfull
pny warna suara yg berkarakter
aku berharap suatu saat nnt aku dpt bertemu dgn kak ify alyssa
amin

Kiyomi Nakamura mengatakan...

download lagunya dimana? aku cari2 nggak ada -_-