_

Senin, 11 Agustus 2014

IFY: "Reconnect to My Passionate Atmosphere"

Helloo guys :)

Masih dalam suasana pasca lebaran, kita kembali membawa cerita dari Ify yang masih terus berjuang mengejar mimpinya.. :)

Cerita ini masih nyambung nih sama posting kita sebelumnya tentang "Ify dan Kolaborasi dengan musisi lainnya". Dan cerita yang bakal kita ceritain ini sudah sempet dishare oleh akun twitter Official IFC @OFFICIALIFC bbrp hari yang lalu. Skrg kita coba share lagi dengan cerita yang lebih mendalam :)

Kayak yang kita sempet ceritain kemaren, Ify tuh emang punya passion yang kuat banget di musik. Dan untuk mendukung passionnya itu, Ify terus berusaha melakukan berbagai hal. Diantaranya dengan banyak belajar dan bermain musik bersama bareng musisi-musisi lainnya untuk menambah wawasan dan pengalaman bermusik Ify seperti yang kita ceritain di tulisan sebelumnya (baca lagi: Ify: Collaboration with other musicians).

Nah. Temen-temen tau dong? Ify tuh sejak kecil udah suka belajar musik. Dari belajar piano klasik sampai Jazz kontemporer. Dari nyanyi lagu Pop sampai Jazz. Dan semakin dewasa dia, Ify semakin menyukai yang namanya musik Jazz. Dan kecintaannya dengan musik Jazz itulah dulu yang akhirnya membawa Ify kenal banyak musisi Jazz Indonesia, dan berkesempatan berkerjasama dengan mereka di beberapa kesempatan bahkan sampai menyanyi di event sekelas Java Jazz Festival. 

Nah, Ify tuh sekarang suka rindu banget berada di lingkungan seperti ini. Dikarenakan kesibukan sekolah dan padatnya jadwal syuting DDS, Ify sekarang-sekarang ini udah jarang yang namanya ngumpul-ngumpul lagi ngejam bareng teman-teman dan senior-senior dia, khususnya di musik Jazz. Tapi, minggu lalu kerinduan Ify sedikit terobati. Semua berawal dari ajakan dari mas Tommy (saxophonist nya Calvin Jerremy) yang ngajakin Ify nonton Live Perform Barry Likumahuwa Project (BLP). Ify jelas dengan senang hati dong nyambut ajakan tersebut. Hati emang gak bisa bohong. Seperti yang ia sempat tulis di acc Instagramnya:


"Reconnect to My Passionate Atmosphere" 

Itulah ungkapan yang terurai dari Ify setelah pertemuan ini. Dan ini rupanya akhirnya membawa hiburan dan pelajaran yang sangat bermakna buat Ify :)

Ify & BLP

Ify & BLP dkk

Saat itu Barry Likumahuwa lagi ada live perform di salah satu Mall di Jakarta. Ify yg sebelumnya juga sudah cukup mengenal dengan BLP, tentu dengan senang hati melihat pertunjukan salah satu musisi seniornya ini. Di saat break, Ify sempat ngobrol dengan Barry Likumahuwa dan papanya (Benny L). Kesempatan bisa ngobrol dan belajar banyak hal dengan musisi-musisi senior salah satu hal yang gak pernah Ify sia-siakan. Eh, tanpa disangka-sangka tiba-tiba Ify diajakin nyanyi 1 lagu bareng BLP. Dan tanpa persiapan apa-apa itu, Ify akhirnya menyanggupi 'tantangan' itu. Ify akhirnya nyanyiin lagu L.O.V.E. Berikut videonya...



Gmn pendapat teman-teman Ify ngejazz lagi ky gini? Walau tanpa persiapan, lumayan kece juga yah? Hohoho... Rupanya tiba-tiba diajakin ngejam bareng lagi dengan musisi-musisi Jazz seperti ini, sempet bikin Ify agak 'kagok' juga. Jadi berasaaaa udah lamaaaa banget gak main-main lagi dengan komunitas Jazz seperti ini. Jadi beraasaaaa banget kalo udah lama banget gak 'bergelut' dengan musik jazz seperti ini. Pokoknya ky udah ketinggalan kereta jauuuhhh banget. Hal ini bikin Ify sadar, konsisten latihan ngasih perbedaan yang jauh banget. Sekarang sudah seharusnya dia mulai kembali mendekatkan diri dengan 'atmosfir passion' dia. Sudah seharusnya lah dia kembali bergaul dan belajar lebih banyak lagi dan lagi tentang berbagai musik khususnya musik Jazz.

Mas Tommy, Ify, Barry Likumahuwa

Sekarang Ify bertekad, meski dg kesibukan sekolah dan aktivitasnya bersama BLINK sejibun, tanpa mengabaikan tanggung jawabnya itu semua, Ify juga mau menjalankan salah satu nasehat ortunya tentang kunci kesuksesan: 'ISTIQOMAH'. Berusaha terus menerus. Belajar tanpa putus. Ify pengen lebih banyak bikin cover, bikin arransement lagu atau ikut ngejam/live perform bareng lagi bersama musisi lainnya. Sejalan dengan karir yang ia jalanin sekarang, ia juga pengen proses belajar dia tetap tak terhambat. Dia pengen kemampuan dia terus diasah. Itu tekad Ify. Ify tuh tipe orang yang sekali punya tekad, dipegang kuat dan diseriusin banget. Gak heran, sekarang Ify kalau pulang syuting cepet, doyannya maen ke studio musik hehehe... Apalagi sekarang Ify juga tengah disibukkan dengan target kuliahnya sebagai salah satu langkah lanjutan tuk menggapai impiannya.

Ngomongin soal kuliah, Ify sekarang tengah serius menyiapkan ini. Udah sejak lama Ify punya cita-cita buat jadi musisi yang hebat. Dan untuk menggapainya, Ify udah mantab 100% tahun depan setelah lulus dari SMA bakal lanjutin pendidikannya kuliah ngambil jurusan MUSIK. Dan Ify sudah cukup lama mulai mencari-cari referensi tempat kuliah yang tepat buat dia. Ify sempat juga terlintas ngambil kuliah di Luar Negeri. Tapi setelah menimbang-nimbang, Ify mutusin buat tetep stay di Indonesia. Mungkin yaa selain sayang dengan karir yang udah dia miliki sekarang, Ify masih agak berat tinggal berjauhan dengan kedua orangtuanya rupanya hehehe...

Di dalam negeri sendiri, beberapa pilihan kampus sempat masuk daftar pertimbangan dia. Akhirnya dari beberapa pilihan, Ify mutusin buat mendaftar jd mahasiswi Musik di Universitas Pelita Harapan (UPH) Jkt karena jurusan musik disana Jazz nya cukup kental, dan nilai akreditasinya pun bagus. Selain itu para pengajar disana cukup banyak yang sudah dikenal Ify sebagai guru maupun senior Ify di dunia musik. Calon kaka senior mahasiswa disana pun Ify beberapa ada yang kenal, salah satunya ka Echa Soemantri (Drummer Oni & Friends di Idola Cilik 1 dulu) yang udah 3 semester kuliah disana. Hal-hal inilah yang bikin Ify bisa enak mencari info/referensi untuk menetapkan pilihannya.

Jadi karena udah fix mau daftar di UPH, Ify minggu lalu menyempatkan main ke Musik UPH buat cari-cari info dsb. Ternyata disana mereka ketemu dengan wakil ketua jurusannya, yang ternyata adalah Mas Indrawan yang merupakan bassistnya Dwiki Dharmawan jaman Ify masih kursus di Farabi dulu (sekolah musik milik Dwiki Dharmawan). Alhasil saat itu mereka jadi semacam reunian hehehe... 

Di UPH ternyata ada 6 pilihan penjurusan musik. Dari awal Ify sudah menaruh perhatian lebih di jurusan 'music composition' dan 'Jazz & Pop Performance'. Ify yang bercita-cita menjadi komposer & arranger musik, tapi sekaligus dia sekarang juga berprofesi sebagai penyanyi, jelas 2 jurusan ini bakal bisa mendukung banget impian dan karir dia. Dan Ify pun meminta banyak banget masukan dari guru-guru dan teman-teman musisinya. Setelah mendengar saran dari semuanya, akhirnya Ify mengambil jurusan 'Jazz dan Pop Performance'. Dengan pilihannya ini, mungkin Ify pengen menjadi musisi yang memiliki teknik/kualitas bermain musik yang tinggi. Jadi tak hanya sekedar pekarya belakang layar, tapi juga penyaji depan layar yang profesional :)

Karena ini univ swasta, pendaftaran dibuka jauh lebih cepat dari pada univ negeri. Bulan September depan pendaftaran sudah mulai dibuka. Dan perlu diketahui teman-teman sekalian. Mendaftar jadi mahasiswa/i musik itu gak gampang lho. Tahapan-tahapannya cukup banyak. Dan inilah yang cukup membuat pusing Ify sekarang. Untuk menjadi mahasiswa musik, Ify tak hanya perlu menyiapkan berkas-berkas seperti data sekolah, nilai rapor, dsb, tapi dia juga harus menyiapkan syarat karya musik yang harus turut disertakan saat pendaftaran sebelum mengikuti ujian masuk dan audisi musik. Disini nilai aja gak cukup coy, lu juga kudu punya BAKAT! Hohoho... Dan saat ini Ify diharuskan memilih 1 major/instrumen utama yang bakal lebih Ify dalami kedepannya. Ify sekarang masih belum bisa mutusin nih, antara vokal atau piano. Kedua jenis instrumen ini memiliki syarat karya audisi yang berbeda. Untuk vokal, calon mahasiswa diharuskan nyiapin 2 karya/lagu untuk dinyanyikan. Sedangkan piano, diharuskan nyiapin 5 jenis karya/musik yang udah ditentukan untuk dimainkan nantinya. Berhubung Ify masih bingung, alhasil dia sekarang nekat nyiapin untuk kedua instrumen ini .-. hehehehe... (cek disini kl mau ngintip kepusingan Ify>> klik here)

Akhir september ini, formulir, rekaman karya-karya, dan syarat-syarat pendaftaran lainnya sudah harus dikirim. Atas saran Mas Indrawan, Ify juga berencana mencoba peruntungan dengan mendaftar beasiswa untuk calon mahasiswa UPH berprestasi nantinya. Dan di bulan oktober nanti, kalau Ify lulus tahap pendaftaran, Ify bakal ngelewatin ujian masuk & audisi di hadapan pengajar disana. Dan jika Ify bisa lulus menjadi mahasiswa baru di Musik UPH, Ify jadi bisa lebih tenang sekarang karena beban pikiran dia tahun depan tinggal menghadapi UN dan kelulusan SMA aja lagi. Syukur-syukur lagi kalo beasiswanya dapet juga. Double Alhamdulillah hehehe... Oleh karena itu, semua minta tolong doain tes masuknya lancar, ujiannya lancar, dan Ify bisa lulus masuk UPH dan UN nya nanti juga lancar, amiiin... Doa in Ify terus yaa teman-teman semuaaa :)

"With God All Things are Possible" -
Salah satu sudut Kampus UPH
Photo taken by MamaGina


Akhir cerita. Segala yang kita impikan tak akan bisa datang dengan sendirinya. Hanya dengan melewati sebuah proses yang panjang kita akan bisa mencapainya. Dan capailah ia dengan kesungguhan diri, hati yang tulus, dan usaha yang pantang menyerah. Tutup usaha kita dengan doa, dan biarkan Tuhan yang membimbing langkah kita. With God, All Things are Possible. Tetap semangaatt semua menggapai cita-citanyaa... :D

IFy CLub. We're Still Together :)

1 komentar:

Andry Putra mengatakan...

Amin ... , semoga Teh Ify bisa masuk dengan cara yang mudah . tentunya dengan cara Teh Ify sendiri ... Wish you all the best ... :)