_

Minggu, 03 Mei 2015

Belajar dari #7DeadlySinsToBeIFC

Hai! Kita kali ini mau bahas Annv IFC ke-7 yang udah kita rayakan bulan maret kemaren. Biar udah lewat hampir 2 bulan, gpp deh ya kita bahas perihal Annv IFC ke-7 yang lalu :p

Alhamdulillah yah IFC sudah cukup besar! 14 Maret 2015 kemaren sudah mencapai umurnya yang ke 7 :) Waktu berlalu cepat sekali ya? Kayaknya baru kemarin liat Ify lagi nyanyi di salah satu ajang pencarian bakat dan sekarang udah semakin banyak talenta Ify yang kita tahu di luar menyanyi dan bermain musik. Dan setelah 7 tahun, kita IFC masih disini, menyaksikan Ify dalam mengepakkan sayapnya untuk meraih cita-citanya setinggi mungkin :)

Setiap Anniversary IFC selalu punya filosofi special yang gak ngasal untuk pengambilan temanya. Seperti tema kekompakan mengisi Anniversary IFC ke 5, 2 tahun yang lalu dengan "High5 IFC" yang mengobarkan arti kekompakan dalam kebersamaan untuk mencapai kesuksesan, dilanjut dengan tema menggali kekuatan keterkaitan antara perasaan IFC & IFY di tema "6thSense IFC" di annv ke-6, kira-kira di tahun ke 7 ini kita buat apa ya??? Banyak yang mengatakan angka 7 merupakan sebuah angka yang istimewa. Langit tempat kita bernaung dan bumi tempat kita berpijak tercipta atas 7 lapisan. Pelangi terdiri atas 7 lapisan warna yg membuatnya berbeda tapi tetap terlihat indah. Dalam 1 minggu kita merasakan 7 hari pergantian hari yang berjalan konsisten terus menerus (tidak seperti bulan yang terdiri 30 hari/31hari bahkan 28hari/29hari). Kita juga pasti pernah mendengar 7 wonders in the world, bahkan partikel atom pun terdiri atas 7 muatan positif inti dan 7 muatan negatif yang mengelilinginya. Ternyata banyak sekali keistimewaan angka 7, baik menurut agama, ilmu pengetahuan, bahkan kehidupan sosial.


Sampai akhirnya muncullah ide tentang 7DeadlySins yang diambil dari jenis-jenis karakter dari sebuah mitologi yang disebut "7 dosa mematikan" (sombong, serakah, nafsu, rakus, envy, malas, amarah) yang biasa jd karakter dasar manusia. Waktu 7 tahun meskipun tampak berjalan cepat, tapi bukan berarti ini waktu yang sebentar :) Seorang anak yang bertumbuh, sudah bisa menikmati hari pertamanya di sekolah dasar. Kita bisa menyelesaikan sekolah dasar dengan waktu lebih setahun atau juga bisa menyelesaikan jenjang menengah pertama dan menengah atas dengan kelebihan waktu yang sama. Lantas apakah dengan banyaknya proses dibelakang dalam rentang waktu 7 tahun kita akan tetap menjadi orang yang sama? :) Dan masih terasa benarkah jika kita melewati Anniversary di tiap tahunnya dengan cara bersenang-senang tanpa merasa perlu instropeksi akan kesalahan yang tidak pernah kita sadari saat bersenang-senang itu? :) 

Karena alasan di atas, lalu terlintaslah sebuah tema yang sedikit berbeda, yang diharapkan bisa menjadi cara agar kita IFC dapat "belajar" dengan sendirinya, tanpa saling bermaksud menggurui. #7DeadlySinsTobeIFC akan menjadi panduan dan membuat IFC "membuat pengakuan" tentang kesalahan/ hal-hal negatif yg sudah mereka lakukan selama menjadi seorang IFC. Dengan tujuan, setelah IFC mulai bisa mengakui apa kesalahan/ hal negatif yg telah dilakukan selama menjadi IFC tanpa rasa gengsi, IFC bisa mulai belajar utk menghindari hal tsb dalam diri masing2. Dimulai dari pribadi sendiri, dan semoga menjalar ke dalam komunitas supaya bisa mengurangi kadar sifat2 dari 7deadlysins yg biasa terjadi di dlm komunitas. Sesuai dengan visinya: "7 tahun titik bangkit menjadi lebih baik" 

Di anniversary ke-7 kali ini, karena kesibukannya dalam menghadapi ujian nasional dan ujian akhir sekolah, Ify pun tahun ini gak bisa ngasih kado spesial buat temen-temen IFC. Di sela-sela kesibukan belajarnya, Ify hanya sempet membuat satu video kecil untuk ngucapin selamat annv ke-7 buat IFC.




Dan kado Ify yang sederhana kali ini, mungkin sejalan dengan niat dari kita untuk merayakan Annv IFC ini dengan lebih sederhana tapi tetap berkesan, tetap meninggalkan sesuatu yang berharga untuk selalu diingat. Maka 15 Maret 2015 yang lalu kita menggelar moment ‘instropeksi bareng’ di #7DeadlysinstobeIFC.


Ngerayain tanggal 15 itu sengaja telat dari tanggal Annv sesungguhnya 14 maret sebenarnya hehehe... Maaf yaa kita sebenarnya sengaja bikin telat. Sama Ify juga udah ngekodein biar gak nongol di tanggal 14. Kita cuma mau ngetes aja gimana IFC rayain Annv.nya kalo tanpa ada komando atau perhatian apa-apa. Rupanya ya macem-macem. Ada yang bikin macem-macem hastag sampe foto editan seperti biasanya, ada juga yang berusaha menebak-nebak lagi pada ngapain Ify dan akun-akun officialnya kok pada mengheningkan cipta banget hehehe... Dan kita cukup respect buat temen-temen IFC yang cukup peka buat ‘membaca’ keheningan kita sebagai waktu buat introspeksi dan support IFC walau ala kadarnya dalam kesederhanaan. 

Di moment #7DeadlysinstobeIFC kemaren, lewat akun official IFC @OFFICIALIFC, kita buka dengan beberapa pertanyaan pembantu untuk bahan perenungan:
1. Apa kita pernah terlalu SOMBONG membanggakan Ify & IFC?
2. Apa kita pernah terlalu MALAS & PUTUS ASA dalam berjuang mensupport IFC?
3. Apa kita pernah terlalu RAKUS dalam mengejar info/sesuatu di IFC sehingga melupakan hak orang lain?
4. Apa kita pernah terlalu SERAKAH sampai tidak mau berbagi kebahagiaan dengan sesama IFC?
5. Apa kita pernah terlalu BERNAFSU & EGO TINGGI dalam mengejar sesuatu dalam IFC sehingga melupakan arti kekompakan dan kebersamaan?
6. Apa kita pernah memiliki rasa AMARAH yang terlalu berlebih sehingga menyakiti hati orang lain?
7. Apa kita pernah memiliki rasa IRI yang berlebih sehingga menimbulkan kebencian/persaingan tidak sehat antar sesama IFC?

Dan lewat pertanyaan-pertanyaan di atas, berbagai respon dan cerita kita dapatkan.
“aku pernah berantem sampe saling bully dengan sesama IFC cuma karena dia bilang punya no HP yang katanya punya IFY (padahal belum pasti bener atau gak), tapi gak mau ngasih.” - diahpermata23.


“suka emosi kalo ada yang jelekin idola kita, walaupun nyada idola dan siapapun gak ada yang sempurna” - naomiranaomi 

“Aku sadari dosaku Malas & putus asa dalam mensupport Ify dan IFC. Jujur saat Ify & IFC merayakan sesuatu, saling mention, aku merasa sedih karena aku gak bisa ikut event, gak bisa menyapa Ify setiap hari, gak bisa membuat karya-karya hebat buat ify & IFC karena keterbatasan fasilitas/waktu” - LupitaArdianty 

“Gue bangga dengan Ify & IFC, dan itu kadang membuat gue lupa diri bahkan sombong. Dulu saat gue bisa meetup sama Ify, hampir semua sosmed gue pake foto dengan Ify seperti ada kepuasan sendiri ngeliat mereka - IFC yangg belum pernah ketemu Ify-Envy sama foto gue itu-_-vduh alay bgt ya gue” - Rizkyatulainy. 

“Kadang suka kesel sama IFC yang egois. Udah dapet kesempatan ketemu/foto/OTP, tapi serakah minta lebih atau gak mau berbagi dengan yang lain. Seperti di Jazz Kota Tua, semua dikasih waktu foto satu-satu tapi banyak yang gak bisa sabar gantian sampai pada egois foto bareng sama Ify berkali-kali padahal yang lain ada yang belom kebagian foto sekalipun” - tri_susilowati 

“Gue pernah nafsu dapet mention & folback dari Ify, sampe ngespam. Waktu jamannya perang sama haters pasti suka bikin status marah-marah adu mulut gitu sama haters. Ya tapi sekarang Alhamdulillah udah gak separah dulu dan bisa kontrol emosi sama yang gak suka Ify” - EvaNisaa_ 

“Walau gak sampe dendam, tapi gak bisa dipungkiri gue pernah envy dengan temen-temen IFC yang udah pernah ketemu Ify, bisa deket sama Ify, bisa foto bareng, dapet mention, difolback, dll” - dari banyak banget IFC (rata-rata IFC dari luar Jkt) 

Nah itu beberapa contoh cerita dari IFC mengenai DeadlySins mereka. Sebenarnya masih banyak banget cerita yang kita dapet, sampe bingung gmn mau rangkumnya hehehe... Tapi mungkin cerita-cerita di atas bisa sedikit memberikan pelajaran dan pencerahan buat kita. Disana kita bisa menemukan ‘7deadlysins’ seperti Kesombongan, saling menyombongkan karena merasa ‘memiliki sesuatu yang lebih hebat/spesial’ dari teman-teman yang lain (padahal belum tentu yang dimiliki sebenarnya hal yang spesial), Amarah dan ego yang berlebih sehingga sampai saling berantem, padahal yang dipermasalahin soal yang sebenarnya mungkin hal yang mengada-ngada. Rasa kerakusan, keserakahan dan envy yang berlebih sehingga tanpa sadar saling menyakiti, dan merenggangkan rasa kebersamaan dan kekompakan antar IFC . Kita sangat salut pada temen semua yang mau berbesar hati berbagi cerita mengenai ‘dosa’ mereka agar bisa sama-sama belajar dan memperbaiki kesalahan.

Terima kasih yaa semua untuk para IFC yang sudah berpartisipasi dalam project #7DeadlySinsTobeIFC pada tanggal 15 Maret 2015 lalu. Semoga kita semua bisa mengambil pelajaran yaa... Semoga kita semua bisa tetap mensupport Ify secara wajar layaknya teman yang harus kita dukung segala prestasi dan kebaikannya, kita saling mengingatkan dalam kesalahan, memuji tanpa pernah menyombongkan secara berlebih atau merendahkan yang lain. Semoga perjuangan-perjuangan luar biasa yang pantang menyerah dari teman-teman IFC dlm mensupport Ify bisa terus menyemangati dan mengisnpirasi, bukan hanya dalam hal mensupport Ify, tapi dalam perjuangan kita dalam membangun hal yang kita’sayangi’ bersama (yang bisa kita aplikasikan dalam hal lainnya). Semoga kita bisa saling berbagi dan slalu mengingat arti kebersamaan dan persahabatan sehingga kita bisa melakukan banyak hal seru di IFC tanpa rasa serakah, irihati, nafsu, dan ego yang tinggi yang dapat menimbulkan permusuhan antar sesama IFC. Dan semoga semakin dewasa umur IFC, semoga semakin juga lebih dewasa menjaga rasa amarahnya, dapat berpikir dewasa dan jernih dalam menghadapi segala permasalahan di komunitas IFC ini. Amiiin....

Yah intinya, Semoga dengan ada nya project tersebut kita semua bisa mewujudkan bahwa diumur ke 7 tahun ini semua IFC bisa menjadi lebih baik, Amiiiin... :) Dan sebagai hadiah karena dah pada mau introspeksi (walau tertunda), kita tahun ini sama seperti tahun sebelumnya, kita kembali membuka lapak sebagai "penyalur hadiah" dari IFC untuk IFC lewat merchandise-merchandise Ify Club! Huraayyyy!!! Tengkyu buat Merchy, admin @IFC_Gifts yang udah mau buka lapak lagi. Setelah ditagih-tagih ala debt collector sama IFC dari sebulan sebelum Anniversary, akhirnya Merchy bisa gelar tiker lagi (?) Wkwkwk..

Dan biar gak kepanjangan dan salah fokus, pembahasan soal merchan terbaru IFC kita posting di cerita kita selanjutnya yaa di Merchandise IFC #7DeadlySinsToBeIFC.

 Dan akhir kata, jiwa pemenang itu adalah orang yang mau mengakui kelemahannya, kemudian memperbaikinya. Mengakui kesalahan menunjukan kedewasaan & kebesaran hati. Sedangkan manyalahkan orang lain justru hanya menunjukkan kelemahan & kekerdilan hati. Jadi, kamu mau jadi pemenang apa pecundang? :)

IFy Club. We’re Still together!

1 komentar:

riaka siti rohmani mengatakan...

disebut "7 dosa mematikan" (sombong, serakah, nafsu, rakus, envy, malas, nafsu) yang biasa jd karakter dasar manusia.

Nafsunya ada 2???