_

Rabu, 09 Desember 2015

IFY: Serunya Kolaborasi w/ Musisi (part 2)

Selalu haus akan mencari ilmu dan pengalaman, mungkin sudah mendarah daging di jiwa Ify sekarang. Ify yang sedari kecil tak pernah sungkan untuk mencari ilmu dari senior-senior dan orang-orang yang lebih berpengalaman, membuat Ify menjadi sosok yang cepat beradaptasi dan bergaul dengan banyak musisi. 

Sejak menemukan passionnya di musik dan bertekad menjadi musisi hebat, Ify bisa dibilang cukup banyak berhasil berkesempatan tampil bersama musisi/penyanyi hebat di Indonesia. Dari pengalamannya itulah Ify bisa mengambil banyak sekali ilmu bermanfaat untuk kemajuan kualitas bermusiknya.


Kalau kita ingat dulu sejak Ify sering sekali tampil bersama Dwiki Dharmawan yang terus memupuk skill Ify dalam bernyanyi. Atau kita ingat Ify pernah berkolaborasi bersama Tompi, dan Ify mampu belajar "Sketching" saat itu. Atau lewat ajang Idola Cilik yang membuat Ify bisa mencicipi rasanya tampil bersama penyanyi sekelas Afgan sampai penyanyi internasional Keith Martin. Segalanya itu bagi Ify sebuah anugrah dari Tuhan karena telah diberikan begitu banyak kesempatan berharga seperti itu.

Dan kini, setelah bergabung dengan BLINK dan sukses menjajal berbagai dunia hiburan tanah air, mulai dari menyanyi, main sinetron, hinggal menjajal layar lebar, itu semua tak membuat Ify berpuas diri. Ify tetap Ify yang dulu, Ify yang slalu haus akan ilmu dan terus mencari pengalaman berharga dari banyak orang.

Seperti yang pernah kita tulis di posting sebelumnya tentang "IFY: Collaboration With other Musician", Ify yang sedari kecil sudah tumbuh cukup dekat dengan kalangan dunia musik, tak pernah menyia-nyiakan kesempatan berkerjasama dengan musisi lain untuk mengasah kemampuan dan mengembangkan karirnya di dunia musik. Dan itu rupanya semakin ia kembangkan setelah ia kini telah menjadi mahasiswa musik. Ada beberapa kesempatan kolaborasi dengan musisi lain yang Ify dapatkan dalam waktu setengah tahun ini selama Ify telah berstatus sebagai mahasiswa musik. Diantaranya pertama covernya bersama David Manuhutu.

David Manuhutu adalah seorang musisi jazz muda Indonesia yang mampu memainkan berbagai instrument musik. Dia adalah putra dari musisi jazz senior di Indoensia Vence Manuhutu. David merupakan lulusan Berklee College of Music di Boston USA, dan sejak muda telah sering berkolaborasi bersama musisi-musisi senior seperti Bubi Chen, Oele Pattisellano, Imam Pras, Indra Lesmana, dll. Pengalamannya di berbagai event jazz juga banyak. Dan Ify beruntung bisa menggali ilmu sekaligus membuat cover bersama David manuhutu. Berikut Video cover yang sempat mereka buat: 




Berikutnya pengalaman dan ilmu baru Ify dapatkan dari dosen musiknya di UPH. Ify beruntung walau baru berstatus Mahasiswa baru, tapi Ify sudah beberapa kali dipercayakan untuk ikut mengisi beberapa project musik di Kampusnya. Dan Ify juga sempat diajak ngejam bareng dosen dan seniornya di kampus, Boby Limijaya dan Echa Soemantri dalam "Jazz Spot" di salah satu resto di Jkt. 



Dan yang baru-baru ini, Ify berkesempatan untuk ikut berpartisipasi dalam sebuah event Jazz besar "Jazz Traffic Festival" di Surabaya. Ify diajak oleh band Hivi! sebagai bintang tamu untuk mengisi kekosongan di vokalis cewe yang kebetulan saat itu, Dea, vokalis cewe Hivi! tengah berhalangan hadir karena ada study di Jepang. Kebetulan Ify sebelumnya memang sudah kenal dengan kaka Hivi! Dan mungkin itulah berkah dari menjalin banyak hubungan baik dengan teman-teman sesama musisi. Dan rezeki Ify akhirnya bisa tampil di Festival sebesar Jazz Traffic yang juga menghadirkan banyak sekali musisi-musisi senior dan papan atas Indonesia seperti Kahitna, Kunto Aji, Indra Lesmana, Krakatau, Barry & Benny Likumahuwa, Judika, dll. Walau Ify cuma sempat latihan 1 hari, Alhamdulillah Ify bisa cepat beradaptasi dan menyatu bersama teman-teman Hivi!

Dan itu semua terbukti di 7 lagu penampilan Ify bersama Hivi! di Jazz Traffic yang begitu kompak dan seru. Ify terlihat begitu santai dan menikmati manggung bersama Hivi! Dan Alhamdulillah penampilan Ify mendapat sambutan positif. Thx IFC Surabaya yg sudah Support Ify, ngejar-ngejar Ify pantang menyerah dari Bandara sampe hotel hehehe.. Thx juga buat Fans-fans Hivi!, walau Hivi! sementara harus berubah jadi Hify kata Febry, personil Hivi (karena mereka lagi bareng Ify hehehe), terlihat semua penonton menikmati bahkan banyak yg memuji penampilan gemilang Ify yang membantu mengisi kekosongan sementara Dea di Hivi!. Personil-personil Hivi pun turut memuji penampilan Ify bersama mereka. Seperti dalam liputan berikut:

Hivi! Tetap Manis Meski Tanpa Sang Vokalis

Membuka penampilan dengan Indahnya Dirimu, HIVI! langsung memanaskan suasana. Kali ini Ilham, Febri, dan Erza tampil tidak bersama Dea, sang vokalis. Ify Alyssa – personil girlband Blink tampil menyanyikan lagu-lagu HIVI!, menggantikan Dea yang sedang studi di Jepang.
Menampilkan tujuh lagu, HIVI! sukses membawa penonton meloncat-loncat dan menyanyi bersama. Bahkan saat sound sempat mati di tengah lagu. Penonton kompak menyanyi mulai dari Curi Curi, Heartbeat, dan Siapkah Kau tuk Jatuh Cinta Lagi. Untuk lagu yang satu ini, Ilham dan Febri mengingatkan penonton supaya nggak galau.
HIVI! mengakhiri penampilannya dengan Mata ke Hati. Penonton kembali menyanyi dan menari bersama. Sebagai penutup, Ilham mengajak penonton ikut serta dalam pembuatan video lyrics untuk lagu terbaru mereka yang akan rilis Desember mendatang. Penonton diminta meletakkan jari telunjuk di depan bibir dan berseru ssssh, untuk direkam menjadi video lyrics yang masih dirahasiakan itu.
Ditemui di belakang panggung usai menghibur penonton Jazz Traffic 2015, HIVI! mengaku sangat senang tahun ini bisa kembali tampil di JTF. Terlebih, mereka mendapat venue outdoor dan penontonnya jauh lebih seru.
"Alhamdulillah tahun ini lebih rame penontonnya, apalagi semua udah hafal sama lagu-lagu kita. Jadi seru banget," kata Ezra. "Meskipun Dea lagi nggak bisa ikutan dan digantiin Ify, ternyata penonton tetep nerima dan mau seru-seruan bareng."
Pergantian vokalis sementara memang jadi kesulitan untuk HIVI!. Meski baru berlatih kemarin, ternyata Ilham, Febri, dan Ezra bisa tampil baik dengan Ify.
"Untungnya Ify anaknya cepet belajar dan adaptasi. Jadi cepet nyambungnya. Kita juga pengen Ify nggak menghilangkan Dea, tapi juga tetep bisa tampil all out," kata Ilham.
HIVI! berharap bisa diundang lagi ke JTF tahun berikutnya.
(sumber : Jazztraffic.com )
--------------------***--------------------






Alhamdulillah! Pengalaman-pengalaman luar biasa seperti ini bisa Ify dapatkan. Karena selain untuk mencari pengalaman dan menambah jam terbang, rupanya event-event seperti Traffic Jazz ini bisa nambahin point nilai Ify di kampus juga hehehe... Walau menjadi salah satu personil BLINK, tapi syukurnya management BLINK, selama masih dalam pantauan, management tidak melarang personilnya untuk bisa mengembangkan bakatnya sendiri. Ify jadinya bisa sekali-sekali tampil di luar format BLINK sesuai jiwa dia di Jazz. Yah, Semoga pengalaman-pengalaman Ify manggung dengan banyak musisi bisa semakin memperkaya kualitas bernyanyi dan bermusik Ify yaa... Aamiin... Terakhir, Berikut video-video Ify di Jazz Traffic Surabaya bersama Hivi!







Nah... Itu dia sedikit cerita inspiratif lagi dari Ify. Akhir cerita, mencari ilmu itu mungkin layaknya mengikuti perjalanan air. Mungkin hanya berasal dari tetesan kecil air di lereng gunung, kemudian turun ke sungai-sungai, lalu bermuara ke lautan dan samudra yang begitu luas. Itulah ilmu. Semakin kita telusuri ia, semakin luaslah ia terpapar tanpa batas. Maka jangan pernah puas untuk menggali ilmu, dari siapapun, kapanpun, dan dimanapun. Karena air bisa mengalir kemana saja yang mampu menampungnya, dan kita tak pernah tau kemana air itu mengalir. Siapkan kita mencari dan menampung "air" ilmu itu? :)

Tetap Inspiring, Friendship, dan Creative IFC!
IFy CLub. We're Still Together :)

1 komentar:

Arif Cahyanto mengatakan...

Hemm smakin baik perkembanganya, kita tunggu ify di kota satria purwokerto