_

Minggu, 27 Desember 2015

Serunya Kumbar #IfyAlyssa19 & #IFCharity

Hai! Apa kabar? :)

Kali ini kita mau bagi-bagi cerita mengenai Kumbar IFC #IfyAlyssa yang udah terlaksana 20 Desember 2015 kemaren. Gimana cerita keseruannya? Mariii disimak ;)



Waktu terasa berlalu begitu cepat. Saat Ify baru dikenal secara luas 8 tahun yang lalu, dia baru berusia 11 tahun. Sekarang Ify sudah berusia 19 tahun. Sudah 8 tahun juga IFC hadir di hidup Ify untuk mensupport setiap impian dan karya-karyanya. Begitu banyak sahabat-sahabat baru Ify yang dengan tulus memberikan segala dukungan dan perhatian yang begitu luar biasa. Dan Ify yang semakin tumbuh dewasa ini, semakin muncul juga kesadaran dalam dirinya untuk dapat bisa memberikan hal yang terbaik bagi orang-orang yang telah begitu baik menyayangi dan mensupport  dirinya. Berawal dari niat baik itulah, acara Kumbar #Ifyalyssa19 dan #IFCharity dibuat.

Cukup banyak event dan project yang pernah dibuat IFy dan IFC khususnya dalam 5 tahun terakhir. Dan moment ultah Ify slalu kita usahakan agar menjadi moment yang "layak tuk dikenang", baik itu untuk Ify maupun untuk IFC. Event & project IFC slalu dibuat dengan menekankan sisi kekeluargaan, kebersamaan, dan berbagi kebahagiaan. Walau membuat semua orang bahagia itu hal yg mustahil, tapi kita slalu berusaha memberikan yg terbaik untuk semua orang. 

Masih ingat di #HUTIfy15 kita memberikan kejutan surprise ultah buat Ify. Dan mungkin acara itu bisa dibilang juga acara Kumbar besar pertama yg dilakukan IFC bersama Ify selama 4 tahun usia IFC. Sejak itu, event2 kumbar dan project2 IFC terus berusaha kita adakan setiap tahunnya. Setahun kemudian ada project kumbar #HUTIfy16 yang kembali dilaksanakan dengan tambahan kegiatan charity yg saat itu IFC menyumbang banyak buku ke sebuah "Rumah Singgah". Pada #HUTIfy17 acara kumbar besar tidak dapat dilaksanakan karena jadwal syuting Ify yang cukup padat saat itu. Tapi sebagai gantinya IFC dan Blinkstar bersama Papa Mama nya Ify membuat surprise "Mumi Cantik" buat Ify. Sebuah keisengan berjamaah yang mungkin begitu membekas diingatan Ify dan IFC. Dan di moment ultahnya yang ke 17 itu juga, Ify memberikan 17 kado benda-benda pribadi miliknya ke 17 orang IFC yang kreatif membuat prakarya di project #HUTIfy17. Dan tahun lalu di #HUTIfy18, rencana kumbar besar kembali tidak dapat dilaksanakan karena kesibukan Ify yang tengah syuting dan persiapan UN kelulusannya dari SMA. Tapi itu semua tidak menyurutkan semangat Ify dan IFC untuk tetap terus berbagi kebahagiaan dalam kebersamaan. Maka terciptalah Project kumbar massal dan kuis OTP spesial #HUTIfy18. Disini kita mulai dapat melihat banyak semangat kebersamaan yang ternyata juga telah terjalin antara teman-teman IFC-Blinkstar di luar Jkt.

Dan tahun ini, melihat semangat juang dan kebersamaan IFC dalam mensupport Ify, tercetuslah rencana #KEMBALILAH mengulang membuat Kumbar Besar untuk IFC. Maka saat itulah kita merancang acara kumbar #IfyAlyssa19. Dan bukan IFC namanya mungkin kalo bikin acara yang isinya buat hepi-hepi aja. Kita slalu pengen dalam berbagai event dan project IFC, ada "sesuatu hal positif" yang bisa tersampaikan dan didapat baik Ify maupun IFC. Pada awalnya kita cuma pengen bikin #IFCharity bareng Ify dan IFC sebagai tanda syukur kita selama ini. Tapi kemudian ada keinginan dari Ify untuk bikin suatu acara agar dia dan IFC bisa duduk bersama dan ngobrol banyak secara lebih dekat. Saat itulah kita semua langsung putar otak, bikin konsep acara gimana yah? Biar Ify & IFC nya bisa dekat, tapi acara juga bisa terkontrol dengan baik. Gak rusuh tapi gak ngebosenin juga. Kita gak mau kalau acara ini hanya sekedar jadi ajang "nontonin dan rebutan foto bareng Ify". Kita mau acara ini jadi tempat IFC bisa saling kenal dan kompak, dan tempat Ify bisa berinteraksi dengan santai bicara dari hati ke hati dengan temen-temen IFC.

Sampai akhirnya setelah diskusi panjang yang cukup ruwet dari Panitia dan pihak Ify, akhirnya tersepakatilah konsep Kumbar #IfyAlyssa19. Dan pada awal Des 2015 kemaren kita secara resmi pengumumkan rencana acara ini. Alhamdulillah acara ini mendapat respon cukup positif dari teman-teman IFC. Tapi rupanya pengumuman rencana ini bikin sedih temen-temen IFC luar kota. Beberapa ada yang mention @OFFICIALIFC bilang kepengen juga kumbar bareng Ify. Duuhh.. Emang dasar kita pd gak tegaan semua, akhirnya kita semua putar otak lagi hihihi... Akhirnya setelah diskusi lagi bareng pihak Ify, oke kita juga bakal bikin undian OTP khusus luar Jabodetabek. Asiikkk! Kita bakal Kumbar Massal! :D

Dan kemaren tanggal 20 Desember 2015, dilaksanakan di sebuah resto di daerah Jakarta Selatan, acara kumbar ini Alhamdulillah bisa terlaksana dengan lancar. Diikuti oleh 34 peserta dan 4 orang panitia dari IFC-BS, ditambah puluhan IFC-BS lainnya dari 10 kota yang membuat kumbar di kotanya masing-masing, serta ditambah lagi milyaran IFC *lebay* yang ikut rusuh di twitter sampe bikin TTI,  semua sukses bikin kumbar ini berjalan dengan super seru! Hohoho...

registrasi

Acara saat itu dibuka jam 9 pagi waktu Jkt. IFC-BS yang datang langsung diminta registrasi dan kocok kelompok meja. Ngapain pake kelompok-kelompok segala? Nahh.. Tujuan pertama biar semua IFC bisa kenal akrab membaur gak pake pilih-pilih temen. Dan tujuan kedua...buat keperluan acara. Acara apaan? Nah yuk baca terus nanti kalian bakal tau :p

Kelar register dan dikasih souvenir satu2, temen-temen IFC BS langsung diminta bikin wishcard terus digantungin di pohon impian. Semoga doa-doa temen-temen semua bisa dikabulkan dan tumbuh berkembang menjadi buah yang manis buat Ify dan IFC yaa :D

Wish Card
Souvenir kumbar #IfyAlyssa19


Dan sampai jam 10an IFC telah terkumpul. Dan akhirnya yang ditunggu-tunggu udah datang. Yeay! Ify datang dengan senyum bersahabatnya yang bikin siapa aja yang liat pada diabetes kali hehehe... Dan jujur, panitia agak sedikit dibikin surprise sama Ify nih. Kita dari awal rencanain acara ini agak khawatir sebenarnya kalo dengan konsep acara kita, Ify tiba-tiba kambuh cueknya, kakunya, kalemnya sampe overdosis (??) apalagi kalo tengah dikerubutin banyak orang, dia kan suka tiba-tiba ngilang entah kemana hehehe... Sampe-sampe Mama Gina tuh pada pesen ke panitia, kalo Ifynya diem tolong dipancing-pancing. Eh tapiii ternyata oh ternyata, pas sampe ke tempat acara Ify malah santai banget ngumbar senyum kemana-mana, bahkan sampe muter-muter ke meja-meja peserta sendiri, salamin dan nyapa nanyain nama satu-satu semua IFC-BS yang hadir. Kalo biasanya fans yang nyamperin idola, sekarang kebalik. Ini idola malah yang nyamperin fans duluan hihihi... Jujur ini diluar format acara. Tapi suka-suka lu dah fyyy.. Bebaasss hahaha...

Hello IFC! :D

Setelah ngobrol-ngobrol dikit, semua peserta diarahin untuk ke halaman luar resto. Kita mau nerbangin burung. Asiikk.. Ify aja sampe girang banget liat burung-burung terbang lepas dari kandang gitu hehehe.. Lah kenapa burung? Tadinya mau #KEMBALILAH terbangin balon kayak HutIfy16. Tapi biar agak bedaan dikit, balonnya diganti 19 burung pipit hehehe.. Lagian dengan nerbangin lepasin burung-burung, ada sedikit harapan dan doa tersirat, semoga dengan lepasin anak-anak pipit itu, kita ngasih kebebasan pada pipit-pipit itu untuk terbang bebas tinggi menggapai asanya masing-masing. Ify berdoa, semoga impiannya juga bisa terbang tinggi menggapai cita-citanya. Tidak seperti balon yang mungkin setelah terbang ia akan turun dan tak akan naik lagi jika kehabisan udara, tapi lewat burung pipit itu, Ify berharap impiannya bisa terus dibawa terbang tinggi, walau mungkin ada saatnya mereka turun hinggap beristirahat, tapi mereka tak akan pernah lelah untuk kembali terbang tinggi. Itulah yang juga Ify harapkan, semangatnya dalam mencapai impian juga semoga tak akan pernah lelah untuk terus terbang tinggi hingga semua impiannya tercapai, aamiiin... :)

Dadahhhh burung2 kecil... :)
video
(video by IG @Elizabhetbertha)


Setelah lepasin pipit, ada penyerahan kue ultah dari IFC ke Ify. Ada 2 kue saat itu. Ada 1 paket kue cupcakes kiriman dari IFC Palembang. Yang kedua kue asli bikinan anak IFC, yang langsung dipotong Ify dan disuapin Ify ke yang bikin hehehe.. Thx yaa kue-kuenya enak-enak semua :D



Setelah kelar acara di luar, semua balik lagi ke dalam. Kali ini acaranya adalah Lomba Bikin ScrapFrame yang diikuti oleh seluruh peserta. Kali ini lombanya dibikin berkelompok sesuai kelompok meja yang sudah diundi saat register. Dan semua peserta gak perlu khawatir gak bisa bikin ScrapFrame karena dijelasin langsung sama panitia yang ternyata punya usaha pembuatan Scrapframe. Wihh.. Asik nih nambah Ilmu lagiii... Ify aja sampe kepengen ikutan bikin juga. Dia sampe minta bahan-bahannya satu buat dicoba di rumah hehehe... Setelah dijelasin, bahan-bahan pembuatan Scrapframe dibagiin sama Ify dan panitia, dan lomba dimulaiii...

Bikin ScrapFrame sambil Chitchat brg IFY seru!


Sementara peserta asik dengan Scrapframenya, Ify beralih menyapa sahabat-sahabat IFC BS secara online lewat live streaming Periscope. Dan selama online di periscope Ify juga keliling-keliing ngeliput sambil ngajakin ngobrol-ngobrol peserta yang lagi bikin scrapframe. Setiap meja/kelompok secara bergantian kebagian sesi chitchat bareng Ify nihh... Mau tanya apa aja boleh deh. Selama kurang lebih 30 menitan itu Ify ngobrolin banyak hal sama IFC. Tentang kuliahnya, tentang lagu #KEMBALILAH, tentang kekangenan dia sama temen-temen di Idola Cilik, bahkan sampe randoman soal Aluna Biru hehehe... Ify juga aktif nanyain temen-temen IFC. Bahkan ada peserta yang datang jauh-jauh dari Bengkulu, Batam, Indramayu. Pas dibilang spesial liburan ke Jkt demi ikut acara kumbar IFC, Ify sampe surprise geleng-geleng sendiri liat pengorbanan IFC. Saluutt... Dan sekali lagi Ify menunjukkan keramahannya yang gak ada abis-abisnya di acara itu. Bahkan bisa dibilang tumben-tumbennya si Ify lebih heboh daripada fansnya. Gak bisa diem banget hehehe... Malah IFC BS yang diajakin ngobrol Ify malah banyak yang diem. Hayooo pas gada Ify aja pada heboh randomin macem-macem, pas ada Ifynya kenapa pada diem? hihihi^^ Alhamdulillah keinginan Ify untuk bisa ngobrol lebih dekat bersama IFC BS bisa terealisasi yaa :)




(video Periscope Ify @ Kumbar #IfyAlyssa19)


Eh para peserta lagi asik bikin Scrapframe, eh dibelakang panitia sama tante Gina lagi asik siapin photobooth buat foto-foto ntar hihihi... Emang ni acara kumbar bener-bener dari IFC & Ify untuk IFC. Semua hal kita siapin dan bikin sendiri. IFC kreatif emanggg... :D


Photo Booth hasil karya IFC feat Tante Gina


Kelar on periscope, sementara IFC masih sibuk kelarin scrapframenya, Ify beralih ke sesi undian OTP buat temen-temen IFC BS di luar Jabodetabek. Dari total 13 kota yang awalnya mendaftar, ternyata cuma ada 10 kota yg konfirmasi jadi mengadakan kumbar pada tanggal 20 Des. Ayodah cuss kita cabut undiannya!


Dan akhirnya 3 kota yang beruntung dapetin OTP  adalah kota Surabaya, Makassar, dan Bandung! Yeay... Ify telpon deh kota-kotanya satu-satu. Seru deh bisa ngobrol sama temen-temen yang kumbar di luar kota. Walau cuma beberapa menit, semoga bisa seneng yaa teman-teman.. Yg di Surabaya sayang bgt kmrn. Lagi asik2nya ngobrol eh putus. Ternyata HPnya lowbet hahaha.. Kpn2 Lagi yaa :D



Ngeliat antusias temen-temen di luar kota, dan ngeliat hebohnya temen-temen di luar kota yang lagi kumbar, yang dari pagi udah heboh update2 juga di Twitter gak mau kalah sama yang lagi kumbar di Jkt, lagi-lagi kita mah emang suka gak tegaan hehehe... Ify akhirnya mutusin buat telpon 7 kota lainnya yang lg kumbar, tapi cuma untuk sekedar say hello dengan Ify dan temen2 IFC di Jkt di sisa sedikit waktu yang ada karena acara di Jkt jg masih belom kelar. Alhamdulillah, walau cuma ditelpon sebentar, semoga bisa ngehibur temen-temen di luar Jkt semua yaa.. Sayang saat itu ada 2 kota yang gagal dihubungi. Entah jaringan di Jkt yang bermasalah atau yg di daerah. Semoga lain waktu ada kesempatan lg yaa ;) Thx Kota Surabaya, Bandung, Makassar, Palembang, Medan, Lampung, Sukabumi, Lombok, Raha Sultra, dan Jember yang udah heboh bikin kumbar IFC-BS bareng.

Dari awal acara banyak ngobrol-ngobrol seru juga. Pas ditanya "Cape gak fy?" Lumayan berbusa kata Ify mah hehehe... Gpp, yg penting hari itu semua bisa puas ngobrol-ngobrol bareng. Etsss.. Ngomong-ngomong dari tadi belom denger suara Ify menembangkan harmoni-harmoni indah kynya yah? *azek* hehehe.. Setelah istirahat sebentar, Ify perform bareng ka felix! Yeay.. Ify nyanyiin lagu #KEMBALILAH. Spesial kynya nih untuk pertama kalinya Ify ngebawain lagu Kembalilah scr live di depan umum :) Dan lagu ke-2 disambung lagu Siapkah Kau tuk Jatuh Cinta Lagi dari Hivi. Gaya dan suara Ify asik bgt deh! :D



 (video Ify menyanyikan lagu #KEMBALILAH di Kumbar #IfyAlyssa19)

Dan seperti dikasih tau di awal, acara kumbar #IfyAlyssa19 ini juga digabung dengan acara #IFCharity, sebuah project dari Ify dan IFC untuk mengajak semua IFC ikut berbagi dan beramal lewat penjualan merchannya sebagai tanda syukur atas kebersamaan selama ini. Alhamdulillah, dari penjualan kaos #IFCharity, didapat keuntungan bersih sekitar 1,79 jt. Dan setelah dipotong sedikit untuk persediaan cadangan kas IFC sbg pegangan IFC utk dpt bikin project2 selanjutnya (dan juga takut ada biaya tambahan krn ada Merchan yg harus diretur ulang), total ada Rp 1,6 juta yang disumbangin. Hasil #IFCharity disalurkan ke LSH Hafara, yayasan yang bergerak untuk membantu anak-anak tak mampu dan orang-orang terlantar (termasuk orang gila). Sekilas artikel yang menulis ttg LSH Hafara bisa dibaca disini>> ttg LSH Hafara . Semoga bantuan temen-temen semua bermanfaat yaa. Semoga bawa berkah buat kita semua :)

Selain ngumumin mengenai #IFCharity, Ify juga ngumumin nama baru IFC. Kalo dulu IFC itu dikenal kependekan dari IFy Club, sekarang ditambah menjadi Ify Friends Club. Friends, bukan Fans. Kenapa? Karena bagi Ify IFC itu sudah lebih dari sekedar fans yang idolain dia, tapi IFC itu sudah layaknya sahabat bahkan sodara bagi Ify. Sahabat yang slalu ada di kala seneng dan susah. Sahabat yang setia saling mendoakan. Sahabat yang slalu mengajak pada kebaikan. Sama seperti harapan Ify pada acara kumbar ini, kedepannya Ify juga ingin dia dan IFC bisa jauh lebih dekat, jauh lebih mengerti satu sama lain, jauh lebih banyak saling berbagi kebaikan dan kebahagiaan. Karena Ify dan IFC itu satu keluarga. Tak perlu syarat apa-apa untuk jadi keluarga IFC, tak mesti juga slalu hadir di setiap perform ataupun projectnya Ify dan IFC. Tak masalah juga kalau kalian juga ngefans dan menjadi bagian dari fanbase artis lainnya. Semua orang punya caranya masing-masing untuk menunjukkan support dan rasa sayangnya. Dan tak harus semua orang harus tau kalian IFC. Tapi percayalah kalo Ify tau siapa dan apa aja yang dilakukan sahabat-sahabat IFC nya. Siapapun yang mau support, bantu, dan ngasih perhatian Ify & IFC dengan tulus sudah dianggap menjadi bagian dari keluarga besar IFC. Terima kasih untuk semua kebaikan yang teman-teman lakukan untuk Ify dan IFC. Jangan pernah berhenti untuk terus berjuang menyebarkan virus IFC teman-temaann :D



Hasil Karya-karya IFC


Okelah... Seluruh rangkaian acara akhirnya diakhiri dengan pengumuman pemenang Scrapframe dan bagi-bagi hadiah lainnya. Selain hadiah merchan dari IFC, Ify juga bagi-bagi beberapa barang pribadi dia. Dan acara pun diakhiri foto-foto bareng. Semua peserta dikasih kesempatan buat foto bareng Ify. Oiyaa tapi sempet ada pengganggu di menuju penghujung acara kemaren. Ada wartawan yg tiba-tiba nongol dan minta acara diulang. Padahal udah pd mau kelar dan makan siang juga wkwkwk... Ify dan IFC diminta ngulangin prosesi nyanyi-nyanyi lagu Happy Birthday sama kasih kue ke Ify. Padahal tuh kue udah dipotong wkwkwk.. Asli ini agak merusak moment sebenarnya hihihi... Tapi thx lah om-om wartawan yg udah liput kegiatan Ify dan IFC yaa.. :D Berikut hasil liputan om-om media di kumbar #IfyAlyssa19..









Akhir cerita, acara ini tak bisa dilaksanakan tanpa dukungan teman-teman IFC BS semua. Thx buat Ify yang slalu bersedia berbagi banyak kebahagian buat IFC. Yang sepanjang acara udah mau mengakrabkan diri dan berbagi banyak sekali cerita bareng IFC, mau seru2an bareng, ketawa bareng bahkan sampe duduk ngedoprak dipinggir panggung saking sudah terbawa santainya seru-seruan bareng IFC. Thx buat Mama Gina, Om Hanafi yang udah slalu support acara IFC, yang slalu semangatin IFC buat bisa bikin acara yang baik. Thx atas kesediaannya demi acara IFC mau menyisihkan waktu, ngasih  banyak ide, sampe jadi sponsor utama kami *hehehe...* Tanpa kalian, acara ini mungkin tak akan berjalan dengan lancar. Thx buat panitia IFC, yang walaupun cuma ber 3 + 1 MC, tapi Alhamdulillah bisa berjalan dengan baik. Gina Ifah Sella Diah, semoga gak kapok jadi panitia acara IFC yaa hehehe.. Thx juga buat Mba Yanti (pegawai kantor tante Gina) dan panitia-panitia bayangan lainnya yang banyak membantu dari balik layar, baik itu dukungan ide, doa, semangat, sampai ikut bantuin pontang-panting ngurusin ini itu demi persiapan acara. Dan yang pasti Thx buat seluruh teman-teman IFC dan BLINKSTAR di seluruh Indonesia yang udah aktif berpartisipasi dalam kumbar #IfyAlyssa19 tahun ini. Semoga kebersamaan kita akan terus dapat terjalin indah yaa :) Kalian memang gokil! Terus semangat teman2! :D

Buat yg nyariin foto-foto Kumbar #IfyAlyssa19 kemaren, foto-fotonya diupload di Fanpage IFC di Facebook yaa.. Bisa langsung Klik disini>> Foto2 #IfyAlyssa19
IFC Seruuuu!!!


Panitia Lapangan Kumbar #IfyAlyssa19

Terima Kasih IFC...!!


No Matter what happens. Mungkin kata-kata ini cukup sering kita denger ketika seseorang menunjukkan kesetiaannya. Sahabat yang setia, pasangan yang setia, sampai dengan fans yang setia. Tapi sebuah kesetiaan bukan berarti akan slalu membenarkan dan mensupport apapun yang dilakukan orang yang kita berikan kesetiaan. Karena kesetiaan pada hakikinya bukan kita berikan pada "sosok seseorang itu". Satu-satunya "sosok" yang patut kita beri kesetiaan hanyalah Tuhan. Tapi kepada sesama manusia, kesetiaan sesungguhnya diberikan pada sebuah "hubungan dari hati" yang berusaha slalu kita jaga. Jika sebuah kesetiaan kita gantungkan pada sebuah "sosok", mungkin suatu waktu itu akan pudar ketika kita telah tak mampu melihat "sosok yg sama". Tapi ketika yang dijaga oleh hati adalah sebuah hubungan yg telah terjalin baik, maka apapun yang terjadi kita akan terus dapat berpegang pada sesuatu yang tak dapat dihapus oleh waktu. Layaknya seorang sahabat setia, mungkin bukanlah dia yang slalu membenarkan perkataan & perbuatan kita, mungkin bukan juga dia yang slalu hadir disamping kita. Tapi sahabat sejati adalah dia yang slalu berkata benar (jujur) kepada kita agar kita dapat melakukan sesuatu yang lebih baik, dan dia yang akan tetap berdiri, siap menggenggam tangan kita untuk dpt trs berjalan bersama, bahkan disaat seluruh dunia menjauhi kita. Semoga Ify dan IFC akan slalu saling menjaga menjadi sahabat sejati yaa :)

Okelah. Sekali lagi, HBD Ifyy.. Doa yang TERBAIK pasti slalu IFC berikan untukmu. Tetaplah menjadi SAHABAT yg Terbaik untuk IFC.

Ify FRIENDS Club.
We're Still together :)


1 komentar:

iffahsari.musyrifah mengatakan...

tulisannya offy inspiring banget deh seneng. Semoga offy nggak pernah pensiun yah☺