_

Sabtu, 31 Desember 2016

Kumbar #20Inspirasify & Launching Kumcer IFC Kembalilah

Hai guys! :)

Menuju penghujung tahun, Alhamdulillah yaa minggu lalu tanggal 24 Desember 2016 akhirnya IFC bisa kumpul-kumpul seru lagi. Sebenarnya acara ini agak dadakan juga. Kita cuma punya waktu sekitar kurang dari 3 minggu buat persiapan. Tapi syukurlah acara ini bisa terlaksana ya? Hehehe..

Mungkin ada temen-temen IFC yang protes, kenapa sih kok ngumumin acaranya mepet banget? Jadinya gak sempet nabung dulu. Ya kita maklum sih, tapi juga gak bisa ngapa-ngapain. Jadi ceritanya memang sejak sekitar pertengahan November 2016 dari pihak Ify emang udah ada ngajak-ngajak buat bikin acara kumbar rayain ultah Ify sekaligus buat launching Kumcer (yang juga sebenarnya belom kelar digarap juga wkwkwk). Jadilah kita mulai menghubungi beberapa teman-teman yang sering bantu garap acara-acara IFC. Dengan waktu yang serba terbatas, kita mulai mikirin konsep dan juga ngebut selesaiin Kumcer sebelum ultah Ify (Baca: BTS Kumcer IFC Kembalilah). Sekitar seminggu setelah ultah Ify, tim kita ketemuan dengan Om & Tante Gina buat review buku Kumcer Kembalilah yang (akhirnya) baru kelar dicetak dan ngomongin soal konsep acara launchingnya. Dan ditetapkanlah kalau acara launching bakal dilaksanakan pada tanggal 24 Des 2016 sekaligus kumbar syukuran ultah Ify ke-20. Dan waktu itu waktu persiapan kita cuma tinggal 2 minggu lagi. Wadohh gimana ini? wkwkwkwk...

Sangat bersyukur IFC punya banyak sahabat-sahabat terpercaya yang baik hati dan luar biasa, yang slalu bersedia secara sukarela menjadi tim repot. Biar waktu terbatas, tapi ide, kreatifitas, semangat, dan totalitas tim repot ini buat mempersembahkan sebuah acara yang berkesan tiap tahunnya emang gak ada matinya. Dan inilah persembahan kami untuk ultah Ify ke 20. Untuk KAMU Bintang Terindah #20Inspirasify ...



Acara direncakan dimulai jam 11 siang. Jadi sejak jam 9 pagi, tim repot udah mulai grasak grusuk persiapan di tempat acara. Acara kembali diadakan di sebuah resto di kawasan Jaksel, sama seperti acara HUT Ify ke 15, HutIfy ke 16, dan HutIfy ke 19 dulu. Langganan banget yah? hehehe... Dan jam 10-11 pagi peserta sudah mulai berdatangan. Peserta saat registrasi dikasih buku Kumcer Kembalilah dan sebuah balon. Balon? Yap. Kalo tahun lalu kita pake wishcard, tahun ini kita pakai media balon buat nulis wish biar unik dikit hehehe.. Sambil nunggu Ify kita ngajak-ngajak peserta yang udah datang buat saling mengenal dulu satu sama lain. Ada sekitar 40an IFC/BS yang ikut berpartisipasi. Walau masih banyak yang malu-malu, tapi semoga bisa saling mengenal yaa..

Kenalannya udahan, eh Ify nya belom nongol juga. Ngapain lagi yah? Padahal jam udah setengah 12 siang. Waduh, rundown acara kudu diobok-obok nih kynya hehehe.. Akhirnya kita mulai saja dengan games seru. Games yang slalu kita bikin secara berkelompok agar kekompakan antar IFC bisa tercipta. Kali ini gamesnya adalah menghias kue buat Ify yeay! Seru juga liat teman-teman IFC pada berkreasi dengan kue walau banyak yang belepotan hehehe...






Ditengah-tengah keseruan menghias kue, eh panitia dapat kabar IFY udah mau nyampe lokasi. Etdah, grasak-grusuk lagi kan kita hahaha... Mari kita tinggalkan dulu kue sejenak dan sambut Ify lebih dulu. Teman-teman IFC pun diarahkan berbaris di depan pintu masuk. Ada 20 lilin yang disiapkan buat menyambut Ify, menandakan usianya kini. Dan saat Ify masuk....SURPRISE! :D

Lagu Happy Birthday menggiring kedatangan Ify. Baru datang Ify udah agak dikerjain sih disuruh niupin 20 lilin itu. Agak cape juga kalo kata Ify mah hehehe.. Tapi yang penting bahagia kan disambut teman-teman IFC Fy? :)



Oiya, selain ada teman-teman IFC, disana juga udah ada teman-teman media. Ada dari Insert Trans TV, Intertainment News Net TV, dan Tabloid Bintang. Jadinya sejak kedatangan Ify, sepanjang acara terpaksa harus dibuntutin kamera-kamera dan sesekali diselingi para wartawan yang ngetake wawancara dengan Ify ._. 

Tapi walau harus ditemani media-media tadi, acara tetap berjalan seru dan hangat. Setelah masuk ke dalam, acara dilanjutkan dengan tiup lilin dan potong kue. Potongan kue pertama karena kalo buat Mama Papa udah terlalu biasa, akhirnya kue diserahin Ify ke salah satu IFC yang datang dari jauh luar kota. Tadinya pertama mau buat salah satu IFC sepuh yang jauh-jauh diimport dari Kalimantan, tapi berhubung orangnya ilang-ilang mulu susah ditangkep macem kutu loncat *eh._. akhirnya IFC yang dari Solo yang dapet suapan kue pertama dari Ify. Yeay!






Setelah itu doa bersama dipimpin oleh Ibu Farida Pasha, neneknya Ify. Semua sama-sama mendoakan Ify biar hidupnya makin berkah, sukses karir dan pendidikannya, makin berbakti dengan orang tua, dan jadi anak yang beraklah mulia dan sholehah ya Fy, aaamiiin... Dan kelar doa, dari atas turunlah balon-balon yang telah bertuliskan puluhan harapan-harapan dari teman-teman IFC. Sebenarnya bagian ini tuh panitia maunya kejutan balonnya jatuhnya depan Ify, semacem menghujani Ify dengan doa-doa balon harapan gitu maksudnya. Tapi jadi agak fail, karena apadaya posisi lantai dua kurang pas dengan posisi Ify berdiri dan arah mata angin yang tidak mendukung (??) jadinya balon malah dengan gemulainya ngejatohin meja-meja peserta hihihi...

Tapi gak papa lah, Balonnya sama peserta dilempar ke depan, terus Ify ambil beberapa buat dibacain. Khalif seneng banget nih liat banyak balon-balon, dia sempet bantuin tetehnya milih balon yang dibacain. Bahkan balon terakhir spesial Khalif yang bacain. Suasana acara IFC slalu jadi makin meriah dengan keceriaan Khalif nih hehehe.. 




Selanjutnya acara games kue dilanjutin lagi. Selagi peserta nyelesaiin hiasan kuenya, Ify sambil muter-muter nih nyapa-nyapa cantik sambil nanya filosofi kue. Doyan ngetest aja nih anak. Temen-temen IFC yang disamperin Ify jadi mengarang indah kilat buat jawab todongan pertanyaan dari Ify hihihi.. Tapi IFC mah emang kreatif, jawabannya adaaaa ajaa. Mulai dari tema Kue yang menuju puncak mengawal Ify sampe mencapai tujuan, sampe kue alam dan kue kehidupan yang digambaran sebagai perjalanan dan karakter Ify yang menurut mereka menginspirasi. Sampe bikin Ify ikut tersentuh denger filosofi doa dan harapan baik utk Ify. Walau tetep sih ujung-ujungnya Ify bilang Filosofi tak mempengaruhi hasil kalo hiasannya berantakan hahaha... Udah susah-susah ngarang buat mengambil hati, eh malah dibilang begitu hihihi...

Setelah waktu habis, kue-kue dibawa ke depan dan diceritain lagi filosofinya. Dan Ify pun memilih mana kue yang terbaik menurut dia. Dan hadiahnya apa? Semua anggota tim dikasih suapan kue satu-satu sama Ify ahahaha... Seruuuu!! Yah. Kadang hadiah gak harus berupa barang yang gimana-gimana, tapi sebuah perhatian/moment yang berkesan bisa menjadi hadiah yang lebih lekat dikenang di hati. Bener gak? :)





Kelar games kue, kita semua break makan dulu. Setelah lunch, kita masuk ke acara yang juga ditunggu-tunggu, yaitu launching buku! Yeay! :D Di sesi ini, Ify dan para penulis cerpen yang telah diundang datang bakal share mengenai buku ini. Pertama-tama Ify secara resmi melaunching buku Kumcer Kembalilah ini. Dan teman-teman IFC juga setelah itu baru diperbolehkan membuka bungkus bukunya masing-masing. Para pembaca kumcer pertama nih yang hadir. Setelah itu ada 6 penulis kumcer yang hadir saat itu cerita mengenai latar belakang ceritanya masing-masing. Senang deh bisa saling cerita seperti ini. Saling mendengar apa yang menjadi impian dan berbagai kesan pesan dari teman-teman IFC. Sayang aja tim penyusun buku kumcer ini gak mau nongol buat cerita di depan. Padahal udah dipanggil-panggil. Minta digetok banget emang. Faktor sudah terlalu nyaman di belakang layar yak jadi anti bener maju ke depan layar? hahaha... Tapi mungkin cerita mereka bisa diwakilkan lewat tulisan lain di blog ini yaa di posting BTS Kumcer IFC Kembalilah :)






Dan sepertinya acara kumbar IFC ini kurang lengkap kalau belom mendengarkan suara emas Ify yah? Ohoohohoo.. Ify akhirnya menyanyikan 2 lagu yaitu lagu dari Treasure dan single ciptaan Ify sendiri "Kembalilah". Mau upbeat maupun slow suara Ify tetap asik dan menentramkan yah? Pada seneng kan yaa bisa mendengar suara Ify lagi secara live? Tapi lain kali kalo acara gini lagi, pada ikutan nyanyi bareng dong biar makin seru, jangan semua pada asik rekam doang Ifynya didiemin (?) wkwkwk.. :)



Berikut videonya...




Acara akhirnya ditutup dengan acara foto-foto dan ttd buku Kumcer. Awalnya panitia udah ngaturin foto berdua-berdua sama Ify biar gak kelamaan. Eh tapi sama Ify malah disuruh foto satu-satu aja. Yaudahlah yaa serah lu dah Fy hahaha.. Syukurnya anak-anak IFC bisa tertip gantian minta foto dan ttd ke Ify. Selagi nunggu giliran teman-teman IFC pada seru saling ngobrol dan minta ttd penulis lainnya. Cieee yang dimintain ttd gak kalah juga sama Ify hahaha.. Turut senang IFC bisa mewujutkan mimpi kecil beberapa IFC untuk membukukan karya mereka. Mungkin sekarang baru 8 orang. Tapi semoga di lain kesempatan akan ada lebih banyak lagi IFC yang kita bantu support kreatifitasnya yaa :)








Alhamdulillah acara bisa berjalan dengan cukup lancar. Booth merchandise yang kita buka pun laris manis hehehe.. Kalau liat tawa kebahagiaan teman-teman peserta semua bareng Ify, rasanya segala cape tim repot terbayar. Terima kasih buat Ify, Mama Gina, Papa Hanafi, Ibu Farida, Ka Eizel, dan Khalif yang sudah kasih sejuta keceriaan. Terima kasih buat seluruh teman-teman IFC yang mau ikutan seru-seruan ngeramain acara ini. Terima kasih buat Kakak-kakak panitia yang udah mau repot-repot luangin waktu, tenaga, dan pikiran buat wujutin acara ini: Thx Sella yang udah jadi MC dan bikinin seluruh kue-kue di acara ini sampe begadang. Thx Ifah udah mau jadi MC sepanjang acara. Thx Trisil udah nyiapin keperluan acara dari A-Z walau sambil ngemong anak. Thx GinaDS yang udah wara-wiri ngatur acara dan ngawal Ify sepanjang acara. Thx buat Tri yang slalu bantuin desain dan bantu ide-ide dari balik layar tapi secara mengejutkan kali ini bisa gabung ke Jkt tepat di hari H. Thx Sonny yang udah jauh-jauh nyamperin dari Bandung buat bisa jadi Photografer kita dg Foto-foto kecenya. Thx juga buat Angel yang udah bantu rekamin video & fotoin acara kita. Oiya thx juga buat sepuh-sepuh BSJ (?) Ruben, Devi, Dera, Bekti, Moel, Tari, Agung yang udah bersedia datang dan bantu-bantu kita di dapur nyiapin acara dan ramein acara juga. Thx seluruh pihak yang udah bantu ngelancarin acara ini pokoknya. Senang bisa bertemu dan berasa reunian dengan sahabat-sahabat IFC yang dari dulu support Ify & IFC sampai seperti ini deh.. :) Makasih juga buat teman-teman IFC seluruh Indonesia yang sdh bantu doa dan ramein di media-media sosialnya yaa.. Smg kita masih bisa bikin banyak acara-acara seru lainnya di lain waktu yaa :D

Team Repot Grasak-grusuk..


Untuk foto-foto peserta bareng Ify, nanti bakal diupload di Fanpage Ify Club di Facebook yaa... Jadi tungguin aja disana. Dan ini terakhir adalah beberapa video liputan acara dari teman-teman media yang telah tayang di TV.. 




IFC. Inspirative, Friendly, and Creative. Singkatan ini sepertinya cocok dengan sahabat-sahabat IFC. Semoga IFC bukan menjadi sekedar komunitas sesama pensupport Ify, tapi semoga IFC bisa menjadi wadah bagi setiap orang yang bersedia membuka hatinya untuk bisa saling bersinergi menciptakan banyak kebahagiaan, banyak persahabatan, banyak kreatifitas, dan banyak inspirasi dalam kebersamaan. Kalau seorang Ify bisa menjadi inspirasi banyak sahabat-sahabat IFC, maka sahabat-sahabat IFC juga harus bisa memberikan inspirasi dan energi positif buat sekitarnya ya! Semangat!!!

Ify Friends Club. We're Stil Together :)

2 komentar:

Nahla Mustafidah mengatakan...

Kira2 kumcer kembalilah dijual buat umum ga kak...???, soalnya klo iya.. aku mau beli...

Nahla Mustafidah mengatakan...

Kira2 kumcer kembalilah dijual buat umum ga kak...???, soalnya klo iya.. aku mau beli...